Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wanara Sakti mengapresiasi pelestarian tradisi Gawai Anak Padi (padi sudah tumbuh) oleh Suku Dayak di perbatasan RI-Malaysia tepatnya di Dusun Serangkang, Desa Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

"Acara Gawai Anak Padi ini dihadiri oleh tiga personel Pos Serangkang dipimpin Danpos Sertu S Yusuf bertempat di ladang milik masyarakat di Dusun Serangkang, Desa Entikong, Kecamatan Entikong," kata Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong di Sanggau, Kamis.

Ia mengatakan Gawai Anak Padi adalah tradisi masyarakat suku Dayak yang sampai saat ini masih dilestarikan dan diselenggarakan rutin tiap tahunnya sebagai ungkapan rasa syukur atas tumbuhnya padi yang telah ditanam tanpa ada hambatan.

"Rasa syukur tersebut diwujudkan dengan ritual oleh kepala adat dilanjutkan dengan makan-makan bersama. Hal ini dilakukan seperti saat gawai sebelum buka ladang sampai ke gawai hasil panen padi. Dalam kegiatan ini yang harus ada setiap gawai yakni pulut dimasak di bambu yang disebut “Empiga”. Itu bukan lemang tetapi rasanya tawar tidak diberi santan," ujarnya.

Menurut Dansatgas, yang terpenting dari adanya kegiatan ini adalah bahwa Satgas Pamtas sangat menjunjung tinggi adat istiadat setempat, sebagai bentuk kemanunggalan TNI dan rakyat dan juga mempererat tali silaturahim antara TNI dengan masyarakat.

Sementara itu, di tempat terpisah Danpos Serangkang Sertu Yusuf mengatakan kegiatan Ini dilaksanakan sebagai wujud syukur tumbuhnya padi yang ditanam oleh masyarakat Dusun Serangkang dan dalam mempererat tali silaturahmi Pos Serangkang dengan warga di perbatasan.

“Kehadiran Satgas Pamtas haruslah memberi manfaat bagi masyarakat di wilayah perbatasan, kegiatan ini juga merupakan salah satu sarana Satgas Pamtas mendekatkan diri dengan masyarakat di daerah perbatasan, ujarnya.

Johan (47) salah satu warga Dusun Serangkang mengucapkan banyak terimakasih atas kehadiran Satgas Pamtas dikegiatan tradisi leluhur masyarakatnya, merupakan suatu kehormatan bagi pihaknya dan kedepannya Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643 dapat berhasil di setiap tugasnya.


 

Pewarta: Andilala dan Slamet Ardiansyah

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021