Desa Semitau, Kecamatan Semitau Kabupatren Kapuas Hulu dan Kelurahan Bansir Laut Kecamatan Pontianak Tenggara Kota Pontianak berhasil memenangkan lomba antar desa dan kelurahan se-Kalimantan Barat.

"Pemenang lomba desa se-Kalbar ini yaitu Desa Semitau Hulu Kecamatan Semitau Kabupaten Kapuas Hulu, yang mendapatkan juara pertama antar desa Kalbar. Lalu dari wilayah Kota Pontianak, juara satu dari Kelurahan Bansir Laut Kecamatan Pontianak Tenggara, Kota Pontianak," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemprov Kalbar, Yuslinda di Pontianak, Senin.

Dia mengharapkan pemenang lomba dapat mempertahankan kinerja pemerintahannya dan dapat mengembangkan lagi wilayahnya.

"Lomba ini digelar dengan tujuan agar setiap desa maupun kelurahan dapat mengevaluasi dan mengembangkan wilayahnya," tuturnya.

Yuslinda memaparkan setiap kecamatan akan diseleksi untuk tingkat kabupaten setelah itu mereka juga akan diseleksi agar sampai provinsi. Tapi perlombaan tingkat provinsi ditiadakan karena terkendala COVID-19.

Ada pun aspek yang akan dinilai mencakup segi pemerintahan, masyarakat, dan perkembangan wilayahnya, dan masih banyak lagi kriteria lainnya.

"Dari kecamatan dan desa yang mengikuti lomba, sudah terdapat beberapa pemenang yang mendapatkan hadiah berupa uang tunai dan penghargaan," katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Lurah Bansir Laut, Aron, menyampaikan terimakasih kepada Gubernur Kalbar, karena saat masih menjabat sebagai wali kota kerap mendorong inovasi di setiap kecamatan.

"Saya berterima kasih dengan beliau karena waktu masih menjadi wali kota, beliau membuat program setiap kecamatan harus membuat satu inovasi setiap tahunnya," kata kepala Lurah Bansir Laut, Aron.

Di Kelurahan Bansir laut, memberikan tiga ide inovasi tetapi hanya satu yang berjalan yaitu Kampung Caping yang sukses menjadi tempat wisata di Kota Pontianak.
 

Pewarta: Rendra Oxtora dan Nastassja Defelia

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021