Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) setempat untuk rutin melakukan donor darah dalam rangka HUT ke-50 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri).

"Hari ini, dalam rangka rangkaian HUT Korpri, menggelar donor darah di mana kegiatan yang sangat mulia di mana ASN dan di luar ASN yang memenuhi syarat dapat melakukan donor darah. Saya mengimbau semua ASN di Pemkab dan masyarakat agar kiranya bisa rutin melakukan donor darah," kata Sujiwo di Sungai Raya, Rabu.

Menurut Sujiwo, donor merupakan perbuatan mulia karena dapat membantu sesama yang tengah membutuhkan transfusi darah.

"Rutin donor juga baik untuk kesehatan tubuh karena membuat tekanan darah jadi lebih terkontrol, menyehatkan kondisi mental, mencegah anemia, hingga mengurangi risiko terkena berbagai penyakit," katanya.

Sebagaimana diketahui, di Palang Merah Indonesia (PMI), darah itu sangat diperlukan. Sujiwo berharap teman-teman bisa menyumbangkan darahnya secara rutin.

"Donor darah itu bukan hanya menolong saudara, tapi juga menolong diri kita sendiri karena ada banyak manfaat di baliknya," kata Sujiwo.

Sujiwo juga mengingatkan masyarakat untuk tidak perlu khawatir terpapar COVID-19 saat donor darah.

"Kekhawatiran itu tidak perlu terjadi karena donor di masa pandemi sudah dijamin aman oleh PMI," ujarnya. 

Sujiwo juga mengatakan bahwa donor darah bisa dilakukan dua bulan sekali dengan catatan HB-nya, tekanan darahnya dan cek-cek lainnya memenuhi syarat.

"Masyarakat pun jangan khawatir donor ketika pandemi karena hingga detik ini belum ada laporan kasus yang menyebutkan kalau virus korona menular melalui transfusi darah," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021