Pemerintah dan masyarakat diharapkan dapat bersinergi untuk menjaga nilai-nilai budaya tradisional yang ada di daerah Kepulauan Karimata, dimana daerah Kepulauan tersebut kaya akan nilai-nilai budaya yang memang sudah menjadi tradisi masyarakat lokal sejak dari jaman kerajaan sehingga tradisi lokal tersebut perlu dijaga dan dilestarikan agar ciri khas daerah kita tidak hilang.

Hal ini disampaikan Bupati Kayong Utara Drs. Citra Duani ketika menghadiri kegiatan Festival Budaya Karimata di Desa Padang Kecamatan Kepulauan Karimata, Sabtu (4/12/2021).

Baca juga: Pemkab Kayong Utara sediakan angkutan laut bangun konektivitas antar kepulauan

Bupati Citra juga mengatakan bahwa kegiatan Festival Budaya Karimata dilaksanakan bertujuan untuk mempromosikan wisata bahari yang berada di Kepulauan Karimata serta dapat memberikan daya tarik kepada wisatawan.

"Kegiatan Festival Budaya Karimata ini bertujuan untuk mempromosikan destinasi wisata bahari di Kepulauan Karimata agar bisa memberikan daya tarik bagi parawisata lokal maupun mancanegara untuk datang ke Karimata serta kita juga menginginkan agar dapat mendorong percepatan pembangunan sebagai penunjang untuk daya tarik bagi wisatawan sehingga pertumbuhan ekonomi di daerah Kepulauan dapat meningkat," kata Citra.
 
Bupati Kayong Utara Drs. Citra Duani ketika menghadiri kegiatan Festival Budaya Karimata (ANTARA/Ho)


Kemudian Citra juga mengatakan selain destinasi wisata yang kaya akan keindahan, kuliner khas daerah yang ada di Kepulauan Karimata juga termasuk menjadi salah satu yang dapat diandalkan apabila parawisatawan datang ke daerah Kepulauan Karimata karena masakan yang disajikan berbahan dari seafood seperti Cumi, Lobster dan Ikan segar yang tentunya ini dapat dinikmati oleh parawisatawan yang datang berkunjung ke Kepulauan Karimata.

Selanjutnya terkait dengan ini, Bupati Citra menghimbau agar seluruh komponen masyarakat bersatu untuk dapat menjaga lingkungan baik yang ada di darat maupun di laut supaya habitatnya tidak punah.

Baca juga: KKU Kembangkan Konsep Kabupaten Wisata Bahari

"Saya menghimbau kepada masyarakat agar dapat bersatu untuk menjaga lingkungan baik yang ada di darat maupun di laut, jangan sampai ada yang menangkap ikan menggunakan bom ataupun menggunakan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan hal ini guna untuk menjaga keberlangsungan habitat hewan laut tersebut agar tidak punah dan apabila hal itu terjadi, ini tentunya juga sangat merugikan bagi masyarakat yang ada di Kepulauan Karimata," tutur Bupati.

Kegiatan Festival Budaya Karimata tersebut juga turut dihadiri oleh Ketua DPRD Kayong Utara Sarnawi beserta beberapa Anggota DPRD, beberapa Kepala OPD Kayong Utara, Camat Kepulauan Karimata, Kepala Bank Kalbar Cabang Sukadana dan Pj. Kepala Desa Padang.

Baca juga: Kalbar waspada hujan dan angin kencang di Selat Karimata

Pewarta: Japri/Prokopim

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021