Bupati Sambas, Kalimantan Barat Satono meluncurkan pelayanan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Gayung Bersambut dan Program Unggulan Program Penyediaan Air Bersih dan Air Minum Masyarakat (Pasminumas) di Desa Gayung Bersambut, Kecamatan Selakau.

Satono mengatakan peluncuran itu langkah awal pemerintahan daerah dalam menyediakan kebutuhan dasar masyarakat melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Muare Ulakan Kabupaten Sambas.

Baca juga: 35 desa di Landak nikmati program Pamsimas dari pemerintah

"Ini merupakan kado akhir tahun bagi masyarakat Kabupaten Sambas dan pemerintah daerah, di mana bangunan yang sudah ada sejak 2008 tersebut akhirnya bisa difungsikan. Kembali ini merupakan harapan bersama dan bisa dimanfaatkan untuk lebih baik," ujarnya saat dihubungi di Sambas, Sabtu (18/12).

Ia mengatakan PDAM Tirta Muare harus terus memacu semangat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam hal pemenuhan air bersih.

Baca juga: BPBD Tulungagung salurkan air bersih ke warga yang terdampak banjir bandang

Dia mengatakan air bersih mendukung untuk aktivitas masyarakat sehari-hari dan bisa menjadikan hidup lebih berkualitas.

Oleh karena itu, layanan harus terus dioptimalkan PDAM kepada pelanggan.

Baca juga: PDAM Sintang tetap distribusikan air bersih pada masyarakat meski banjir

Untuk di Gayung Bersambut, kata dia, hal itu berkat bantuan Kementerian PUPR yang akhirnya IPA Gayung Bersambut bisa difungsikan.

"Berkat sinergi semua pihak dan bantuan dari Kementerian PUPR, akhirnya IPA Gayung Bersambut bisa difungsikan akhir tahun ini. Saya sudah cek langsung airnya jernih sekali. Mudah-mudahan bisa memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat," katanya.

Baca juga: Satgas TNI membuat sumur bor air bersih untuk warga Kiworo Merauke

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021