Satuan Lalu Lintas Polres Boyolali, Provinsi Jawa Tengah, melakukan rekayasa lalu lintas dengan menutup sejumlah ruas jalan menuju kota pada malam Tahun Baru 2022 untuk mencegah terjadinya kerumunan.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Boyolali AKP Yuli Anggraeni di Boyolali, Jumat, mengatakan petugas Satlantas Polres Boyolali telah melakukan rekayasa lalu lintas terkait dengan penutupan jalan menuju Kota Boyolali saat pergantian tahun.

Baca juga: Dinkes Kalbar tutup sejumlah taman cegah kerumunan

"Penutupan ruas jalan itu, berlaku baik bagi kendaraan maupun pejalan kaki guna mencegah terjadinya kerumunan,." kata Kasatlantas.

Menurut dia, penutupan jalan khususnya yang mengarah kedalam Kota Boyolali, di antaranya mulai dari Simpang Empat Terminal Lama Sunggingan, Simpang Empat KUD Kota, Simpang Tugu Tiga Menara, Alun-alun Kidul Kantor Pemkab Boyolali, dan Alun-Alun Lor.

Baca juga: Penggeseran libur nasional cegah masyarakat bepergian

Selain itu, penutupan dilakukan di ruas Jalan Simpang Berlian atau Pertigaan SMKN 1 Mojosongo, yang mengarah ke Jalan Pandanaran, dan Simpang Empat Sonolayu dengan menggunakan "water barrier".

"Kami mulai melaksanakan penutupan jalan di tiga titik, yaitu di Alun-alun Kidul, Alun-alun Lor, dan Jalan Pandanarang pada Jumat sore," katanya.

Baca juga: YBS Pontianak dukung tak Sembahyang Kubur di makam cegah kerumunan

Untuk penutupan jalan akan berlangsung dari Jumat (31/12) sore hingga Sabtu (1/1), sekitar pukul 05.00 WIB, sedangkan seluruh portal jalan masuk ke komplek Kantor Pemkab Boyolali akan ditutup hingga Senin (3/1), pukul 05.00 WIB.

Dia mengatakan penutupan jalan tersebut untuk mencegah terjadinya kerumunan saat pergantian Tahun Baru 2022 dan mengantisipasi penyebaran COVID-19 di daerah ini. Pihaknya telah berkoordinasi dengan forkopimcam setempat terkait penutupan di Alun-alun Pengging, Kecamatan Banyudono.

Baca juga: Pemkot Pontianak imbau daging kurban dibagikan "Door to Door" cegah kerumunan

Ia mengimbau masyarakat Boyolali dan di luar daerah untuk tidak melaksanakan kegiatan di luar rumah saat perayaan pergantian malam Tahun Baru 2022.

"Saya imbau untuk tetap di rumah saja tidak usah ada arak arakan berkumpul di tempat keramaian," katanya.
 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021