Dalam rangka penghijauan kembali Bumi Khatulistiwa serta program rutin penanaman pohon di Indonesia khususnya di Kalimantan Barat yang masih terus digaungkan oleh beberapa komunitas yang peduli terhadap penghijauan lingkungan. Dalam hal ini, Gerakan menanam pohon yang merupakan bagian implementasi dari project Trees-on-Farms (TonF) di Kalimantan Barat yang di lakukan oleh Center for International Forestry Research (CIFOR) dan didanai oleh International Climate Initiative (IKI), German Federal Ministry for the Environment, Nature Conservation and Nuclear Safety (BMU). 

Gerakan Penanaman Pohon di Kalimantan Barat kali ini diinisiasi oleh CIFOR, didukung oleh Hotel Mercure & Ibis Pontianak City Center, serta dikoordinasi oleh Tim 12. bersama dengan BPDASHL Kapuas yang dipimpin oleh Remran menyediakan bibit gratis yang dikelola di Persemaian Permanen Sungai Selamat (PPSS) yang berada di Jalan Kebangkitan Nasional, nomor 2, Siantan, Pontianak Utara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. 

Kegiatan ini bertujuan membantu masyarakat lokal untuk menanam pohon dilahan mereka untuk diambil hasilnya dan untuk jangka panjang dapat meningkatkan keanekaragaman hayati di lahan pertanian dengan total tanaman 9.665 batang.
Kegiatan tanam pohon (ANTARA/Istimewa)

Untuk mendapatkan bibit gratis, para pemohon bibit dari Sanggau ini berkoordinasi dengan Tim 12 yang dimotori oleh Chatarina Pancer Istiyani. Tim 12 membantu mereview surat permohonan dan mengkomunikasikannya dengan pihak BPDASHL Kapuas dalam hal ini dengan Manajer PPSS, Ari dan karyawan di lapangan Toyibeh untuk urusan teknisnya.

Kegiatan Gerakan Penanaman Pohon di Kalimantan Barat ini diawali pada tanggal 30 December 2021 dengan penyerahan bibit untuk diserahkan kepada para penerima bibit yang berasal dari 7 daerah yang terdapat di Kabupaten Sanggau. Selanjutnya, pada tanggal 31 December 2021, Gerakan Penanaman Pohon dilakukan di Dusun Seloon, Desa Pusat Damai, Kecamatan Parindu, Kabupaten Sanggau yang dihadiri Perwakilan CIFOR, Manajemen dan Staff Hotel Mercure & ibis Pontianak City Center, tim 12 yang disambut oleh pemilik lahan penanaman yaitu Bapak Winokus di kediamannya, hadir pula perwakilan dari Kantor Camat Bapak Yulianus, perwakilan dari Kamtibmnas, Ketua Pemuda Desa Pusat Damai, Edmund beserta Kepala Pemuda dusun setempat.

Riganda Togatorop, General Manager Mercure & ibis Pontianak City Center menuturkan bahwa gerakan menanam pohon ini merupakan program yang sejalan dengan prinsip Accor Hotels Group yang juga telah dilakukan serta diimplementasikan oleh Hotel Mercure & ibis Pontianak City Center dengan berkomitmen untuk terus peduli terhadap lingkungan dan masyarakat sebagai bagian dari program Acting Here Planet 21.

"Gerakan Penanaman Pohon di Kalimantan Barat ini juga mendapat dukungan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kalimantan Barat dan Forum Daerah Aliran Sungai Provinsi Kalbar yang dipimpin oleh Prof. Dr. Gusti Hardiansyah," jelas dia. 

 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022