Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa Daniel Johan mengingatkan Imlek tahun ini disebut sebagai Tahun Macan dimana macan melambangkan pribadi yang mandiri, perkasa, waspada, tegas, dan pantang mundur.

Namun, lanjut dia dalam rilis di Pontianak, Minggu pada saat yang sama macan juga memiliki ketulusan dan pesona yang mampu mendorong solidaritas di sekelilingnya. "Semangat solidaritas inilah yang dibutuhkan oleh Bangsa Indonesia saat ini untuk saling memperkuat, khususnya dalam melewati masa-masa sulit selama pandemi COVID-19," kata dia.

Untuk itu,ia mengajak menyatukan hati, memperkuat solidaritas, agar Imlek menjadi kekuatan untuk sesama. "Agar kita bisa membangun ekonomi dan industri yang kuat. Dengan kemandirian dan gotong royong, kita bangun Indonesia bukan hanya menjadi Macan Asia tetapi juga Macan Dunia, dan Indonesia jangan pernah menjadi 'Macan Ompong'," kata Daniel.

Ia menambahkan, saat ini Tiongkok telah bangkit menjadi kekuatan baru dunia, maka kemandirian dan kekuatan tersebut harus menjadi pelajaran penting untuk Bangsa Indonesia. "Nilai-nilai kemandirian, kerja keras, pantang  mundur, dan nasionalisme cinta tanah air itulah yang bisa disumbangkan warga pribumi Tionghoa untuk Indonesia," kata dia. Ia yakin, kualitas warga Indonesia Tionghoa tidak kalah dan sama dengan kualitas warga Tiongkok Daratan.
"Sama seperti Negeri China, maka Indonesia dengan modal kekuatan sumber daya dan kebhinekaannya  juga bisa tampil menjadi kekuatan baru dunia," katanya menegaskan.

Ia mengingatkan bahwa bersama PKB dan Gus Dur, Indonesia telah berhasil mengakhiri masa-masa diskriminasi. "Bahkan warga Tionghoa yang selama puluhan tahun dibatasi hak-hak politiknya, saat ini telah menunjukkan peran strategis secara sama dan setara. PKB sebagai kekuatan politik nasional merasa terhormat bisa menjadi bagian utama dari proses perjuangan mewujudkan kesetaraan dan penghapusan diskriminasi tersebut," ujar dia.

Ia menambahkan, melalui pemahaman yang tuntas akan pluralitas dan kesetaraan sesama anak bangsa sesuai Dasar Perjuangan Berdirinya PKB, semoga Tahun Baru Imlek 2573 ini mampu membawa kemajuan dan kesejahteraan rakyat secara nyata. "Atas nama PKB, kami mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek 2573, 'Xin Nian Kuai Le, Gong Xi Fa Chai'," demikian Daniel Johan

Pewarta: Rilis

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022