Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Biro Kalimantan Barat konsisten mendukung program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM) mandiri dengan melakukan kerjasama menerima mahasiswa praktik industri (magang) dari beberapa perguruan tinggi di Kalbar yaitu dari Universitas Tanjungpura (Untan) mahasiswa  jurusan bahasa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIF) dan mahasiswa Politeknik Negeri Sambas (Poltesa).

"Kerja sama penerimaan mahasiswa praktik industri ini sudah berjalan beberapa tahun ini. Tidak hanya dari perguruan tinggi, bahkan ANTARA Kalbar juga pernah menerima para pelajar SMK Negeri 6 Pontianak untuk magang," kata Kepala Biro LKBN ANTARA Kalbar, Teguh Imam Wibowo di Pontianak, Kamis.

Merdeka Belajar - Kampus Merdeka itu sendiri merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja. Sementara Kampus Merdeka  memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memilih mata kuliah yang akan mereka ambil.

Salah satu mahasiswa magang, Queena yang saat ini duduk sebagai mahasiswi semester enam FKIP jurusan bahasa di Universitas Tanjungpura, Pontianak, mengatakan ia bersama Septian rekan sesama satu angkatan magang di LKBN ANTARA Kalbar itu untuk lebih mendalami dan lebih mengembangkan ilmu jurnalistik yang selama ini dipelajari di bangku kuliah.

"Saat kuliah, kami mengambil mata kuliah jurnalistik dengan mempelajari dasar-dasar jurnalistik. Gambaran saya ilmu yang kami dapatkan itu untuk bagaimana membuat berita hasil karya jurnalis yang sebenarnya. Setelah masuk magang disini kami mengharapkan bisa mengembangkan lagi yang sebelumnya dapat di perkuliahan, kami dapat praktekkan di LKBN ANTARA ini," kata Queena.

Di ANTARA ini ujar Septian menimpali, ia bersama rekan-rekan magang lainnya mendapat tambahan ilmu terkait penulisan berita. 

"Sebelum diterjunkan kelapangan, kami mendapatkan ilmu bagaimana cara-cara penulisan berita sesuai standar Kantor Berita ANTARA. Tidak hanya cara penulisan kami juga mendapatkan pelajaran bagai mana untuk mendapatkan informasi, teknik wawancara, menghadapi narasumber dan sebagainya," kata Septian.

Karena masih dalam situasi pandemi COVID-19, dalam praktek selama penerimaan siswa dan mahasiswa magang, LKBN ANTARA Kalbar selalu menerapkan standar protokol kesehatan. Seluruh karyawan ANTARA Biro Kalbar termasuk anak-anak magang wajib mengikuti prokes seperti melakukan antigen, menggunakan masker, mencuci tangan dan sebagainya.


 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022