Forum Koordiansi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Ketapang apel sinergitas program strategis dan kesiapsiagaan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di halaman Kantor Bupati Ketapang, Rabu.

Apel dipimpin langsung Kapolres Ketapang, AKBP Yani Permana SIK M.lH bersama Bupati Ketapang, Martin Rantan SH MSos dan Dandim 1203 Ketapang, Letkol Inf Alim Mustopa. Serta dihadiri jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), UPTD Pemadam Kebakaran Ketapang dan lainnya.

Baca juga: Tim gabungan padamkan api di lokasi karhutla di Kota Pontianak

Kapolres menyampaikan bahwa Instruksi Presiden sudah jelas terkait penanggulangan Karhutla. Di antaranya wilayah yang rawan dilanda bencana karhutla untuk selalu siap siaga. Kesiapan itu baik sarana peralatan, sumber daya manusia (SDM) atau lainnya untuk mengantisipasi Karhutla.

“Wilayah Ketapang merupakan daerah rawan terjadi karhutla setiap tahun. Lantaran wilayah Ketapang banyak terdapat lahan gambut," ungkap Kapolres.

Ia menjelaskan berdasarkan pantauan BMKG, Ketapang sudah memasuki musim kemarau pada April ini. Maka hal ini merupakan menjadi warning agar semua bersama untuk siap siaga. Serta melakukan langkah preemtif dan preventif dalam mencegah terjadinya Karhutla.

Baca juga: Kapolres Singkawang ajak masyarakat bersama-sama cegah karhutla

Sebab itu menurut Kapolres bahwa apel ini menupakan salah satu langkah dalam tahap pencegahan bencana Karhutla yaitu kegiatan mitigasi bencana. "Pada apel ini digelar kesiapan personil gabungan dan peralatan penanggulangan Karhutla," jelas Kapolres.

“Mitigasi bencana artinya adalah bagaimana kita mempersiapkan perlengkapan peralatan dan personel. Dalam hal ini adalah bagaimana kualitas dan kuantitas personel, bagaimana memberdaya gunakan warga masyarakat dalam rangka membantu pelaksanaan kegiatan untuk penanggulangan bencana Karhutla," lanjutnya.

Baca juga: Kapolres Kapuas Hulu sebut antisipasi karhutla lakukan deteksi dini

Kapolres menambahkan, menyikapi berbagai kejadian Karhutla di Ketapang pada tahun-tahun sebelumnya. Polres Ketapang siap bersinergi bersama instansi terkait untuk mengatisipasi adanya Karhutla melalui kegiatan pencegahan. Di antaranya penyuluhan, himbauan, pendampingan kepada masyarakat dan penanggulangan titik api.

“Tak hanya kegiatan preemtif dan preventif, apabila kedepannya ditemukan adanya unsur kesengajaan terjadinya kasus Karhutla baik itu dari oknum warga, kelompok ataupun korporasi. Maka upaya represif melalui penegakan hukum akan dilakukan guna memberikan efek jera bagi para pelaku pembakaran," ujar Kapolres.

Baca juga: Pemkot Pontianak bentuk tim pemetaan antisipasi dan pencegahan karhutla

Pewarta: Subandi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022