Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Pontianak mendukung kebijakan pemerintah pusat  yang mewajibkan pemerintah daerah untuk belanja kebutuhan perkantoran lewat e-Katalog  guna mendukung industri kecil dan UMKM di daerah.

"Kita mendukung upaya pemerintah yang mengambil langkah strategis ini. Bangsa kita harus maju dalam segala lini termasuk dalam pemerintahan yang berbasis digital melalui e- Katalog. Apalagi mendukung UMKM," ujar Ketua Apindo Kota Pontianak Andreas Acui Simandjaya di Pontianak, Sabtu.

Ia menjelaskan bahwa menuju perdagangan berbasis digital merupakan suatu hal yang pasti akan terjadi. UMKM yang didukung pemerintah untuk menerapkan digital harus terus digalakkan. Sehingga dengan begitu kecepatan, kemudahan dan transparansi hadir.

"Dengan menyesuaikan diri dan mengajak para pihak termasuk pelaku usaha dan UMKM melakukan penyesuaian adalah langkah yang strategis. Saatnya sudah digital. Apalagi budaya memanfaatkan digital dalam segala aktivitas sudah menjadi keseharian masyarakat. Kemajuan teknologi dan informasi semakin mendekatkan masyarakat dengan dunia digital," kata dia.

Menurutnya, UMKM harus terus dibina atau didampingi. Sehingga bisa tumbuh kembang dan naik kelas. Kemudahan dalam berbagai hal juga harus didukung.

"Pelaku UMKM telah membuktikan bahwa ekonomi kita mampu ditopangnya. Secara umum pelaku usaha juga demikian. Pemerintah dan pelaku usaha harus sinergi untuk memajukan ekonomi daerah. Potensi ekonomi daerah harus dimaksimalkan secara berkolaborasi," kata dia.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022