Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian besar wilayah Indonesia diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat, Rabu (6/4).

Dilansir dari laman www.bmkg.go.id, bibit siklon tropis 94W terdeteksi di perairan Timur Filipina yang membentuk daerah konvergensi dari Samudra Pasifik Timur, Filipina bagian timur.

Sirkulasi siklonik terpantau di perairan Utara Kalimantan dan di Samudera Hindia Barat Daya Banten yang membentuk daerah konvergensi di sebelah utara Kalimantan dan Samudera Hindia Barat Daya Banten hingga Papua.

Baca juga: Kalbar berpotensi hujan ringan hingga lebat 5 hingga 7 April

Kondisi itu mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah bibit siklon tropis di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Prakiraan cuaca di wilayah Sumatera umumnya terjadi hujan disertai dengan petir. Sementara untuk wilayah Padang dan Tanjungpinang diperkirakan hujan dengan intensitas sedang. Wilayah Palembang dan Lampung diprakirakan hujan dengan intensitas ringan, Medan diprakirakan berawan.

Baca juga: BMKG Supadio mendeteksi ada sebanyak 408 titik api di Kalbar

Wilayah Jawa diperkirakan terjadi hujan dengan intensitas ringan di wilayah Semarang dan Yogyakarta. Surabaya, Jakarta dan Serang diprakirakan berawan, sedangkan Bandung mengalami hujan disertai dengan petir.

Kalimantan diperkirakan terjadi hujan disertai petir pada wilayah Pontianak, Tanjung Selor dan Samarinda. Sementara Palangka Raya diperkirakan terjadi hujan dengan intensitas ringan. Banjarmasin diprakirakan berawan.

Baca juga: Sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi hujan lebat pada Sabtu

Situasi cuaca di wilayah Sulawesi diperkirakan terjadi hujan dengan intensitas lebat pada wilayah Gorontalo. Palu dan Manado diprakirakan hujan dengan intensitas ringan serta untuk wilayah Kendari dan Makassar diperkirakan Berawan.

Situasi cuaca di Bali dan Nusa Tenggara diperkirakan terjadi hujan dengan intensitas ringan pada wilayah Mataram. Sementara untuk wilayah Denpasar berawan.

Wilayah Indonesia bagian timur diperkirakan terjadi hujan dengan intensitas ringan pada wilayah Ambon dan Ternate. Sementara untuk wilayah Jayapura diprakirakan berawan.

Baca juga: BMKG: Sebanyak 112 titik panas terpantau di kawasan Kalbar
 

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022