Bandara Internasional Supadio Pontianak, Kalimantan Barat mencatat ada peningkatan 284 persen penumpang pada momen lebaran 2022 dibandingkan Idul Fitri tahun sebelumnya.

"Tahun ini ada peningkatan penumpang yang signifikan di Bandara Supadio Pontianak.Tercatat sementara 124.900 penumpang atau meningkat 284 persen dibandingkan lebaran tahun lalu," ujar  Executive General Manager Bandara Internasional Supadio, Akhbar Putra Mardhika di Kubu Raya, Senin.

Ia menjelaskan bahwa peningkatan penumpang saat momen lebaran kali ini tidak terlepas dari kebijakan boleh mudik oleh pemerintah. Kemudian kasus COVID-19 yang sebelumnya membatasi gerak dari semua sisi mulai landai.

"Situasi pandemi mulai landai dan harapan jadi endemi. Sehingga mobilisasi masyarakat bisa semakin meningkat. Arus balik yakni kemarin, Minggu," jelas dia.

Menurutnya, dari data yang ada persentase penumpang yang berangkat lebih dominan dibandingkan yang datang ke Bandara Supadio Pontianak di Kubu Raya.

"Banyak yang berangkat dari Supadio mungkin ada yang nambah libur karena sudah boleh cuti dan lainnya. Sehingga masih banyak penumpang bertahan di luar Kalbar menikmati liburannya," jelas dia.

Dalam momen lebaran, pihaknya menyiapkan posko sebagai pusat informasi dan pengendalian transportasi udara serta lainnya untuk menyambut lonjakan penumpang saat mudik 1443 H/ 2022 M.

"Dalam rangka menyambut lebaran kami membuat posko penerbangan yang akan dilaksanakan mulai tanggal 25 April sampai 10 Mei 2022," kata dia.

Ia juga menambahkan dalam persiapan posko tersebut pihaknya dibantu oleh pihak lain dalam mengamankan posko tersebut. Kemudian pihaknya juga menyiapkan fasilitas untuk menjamin kenyamanan dan keamanan para penumpang.

“Dalam mengantisipasi lonjakan penumpang dengan lebih membuka ruang tunggu yang sebelumnya tidak dibuka seluruhnya, sehingga lebih memuat banyak orang. Kemudian ada fasilitas yang kami sediakan yakni layanan vaksin dan antigen," ucapnya.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022