Sebanyak 74 desa dari 278 desa yang ada di wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat akan melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) secara serentak pada 23 Juli 2022 mendatang.

"Tahapan Pilkades sudah berlangsung dan dari 74 desa itu sudah ada masing-masing calon kades," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kapuas Hulu Rupinus, kepada ANTARA, di Putussibau Kapuas Hulu, Minggu.

Disampaikan Rupinus, dalam pelaksanaan Pilkades serentak pada 23 Juli 2022 itu, diharapkan masyarakat tetap menjaga keamanan dan ketertiban, sehingga pelaksanaan Pilkades bisa berjalan aman, lancar dan sukses.

Menurut dia, tim penyelenggara Pilkades di 74 desa juga sudah dibentuk mulai tingkat desa, kecamatan dan juga ada tim di tingkat kabupaten.

Dijelaskan Rupinus, apabila ada sengketa dalam Pilkades maka akan diselesaikan secara berjenjang pula, dari tingkat desa, kecamatan dan kabupaten sesuai aturan berlaku.

"Sekali lagi saya imbau masyarakat yang melaksanakan Pilkades harap jaga keamanan dan ketertiban," tegasnya.

Dia pun berharap dari Pilkades serentak itu nantinya dapat melahirkan kepala desa yang berkualitas yang mampu mengelola dana desa untuk kemajuan desanya masing-masing.

Terkait dana desa, Rupinus menyebutkan untuk total dana desa Kapuas Hulu Tahun 2022 kurang lebih sebesar Rp200 miliar untuk 278 desa yang tersebar di 23 kecamatan wilayah Kapuas Hulu.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022