Ketua KPU Kabupaten Bengkayang Musa Jairani mengatakan pihaknya telah melakukan konsolidasi internal dan penguatan sumber daya manusia (SDM) sebagai langkah persiapan menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024.

"Jelang persiapan Pemilu 2024, berbagai persiapan kami lakukan dan itu menyesuaikan dengan yang diberlakukan KPU tingkat provinsi, seperti konsolidasi dan penguatan SDM," kata Musa saat dihubungi di Bengkayang, Selasa.

Menurutnya, pihaknya sedang mempersiapkan peluncuran persiapan Pemilu 2024 yang diadakan langsung oleh KPU RI, dengan diikuti oleh KPU provinsi, kabupaten, dan kota secara virtual.

"Sementara untuk kesiapan internal, kami di KPU Bengkayang juga sudah menyesuaikan ketersediaan struktur organisasi yang diperlukan. Sampai saat ini, kami sudah menyiapkan beberapa bidang yang nantinya bakal bertugas sesuai tugas dan fungsi masing-masing, mulai dari kasubag hingga staf di masing-masing bagian juga sudah terisi," jelasnya.

Terkait tantangan dalam persiapan pemilu, dia menyebutkan hal itu biasanya terkait data dan wilayah geografis, terutama untuk menjangkau daerah terpencil. Sesuai arahan KPU RI, pihaknya juga akan merekrut tenaga outsourcing yang dibutuhkan untuk pileg dan pilpres serentak.

"Yang jelas, sampai saat ini kami terus melakukan komunikasi dan bersinergi dengan sejumlah pihak terkait, mulai dari Pemda Bengkayang untuk mengetahui informasi terkait aktivitas parpol, kemudian Disdukcapil berkaitan dengan pengembangan data penduduk yang masuk kriteria untuk menyalurkan suara, dan sebagainya," jelasnya.

Dia berharap Pemilu 2024 mendapat dukungan dari seluruh pihak, termasuk masyarakat dan organisasi kemasyarakatan (ormas), karena pesta demokrasi tidak akan sukses tanpa dukungan dari unsur-unsur tersebut.

"Sejauh ini, KPU Bengkayang sudah mengikuti mekanisme dan di sini kami juga siap menggelar Pemilu, Pileg, dan Pilpres 2024. Semua butuh dukungan semua pihak," ujarnya.

Baca juga: Mendagri tegaskan sikap pemerintah, Pemilu 14 Februari 2024

Baca juga: KPU Bengkayang rakor data pemilih berkelanjutan secara daring

Baca juga: KPU Bengkayang dapat tiga penghargaan atas pelaksanaan Pilkada 2020

Pewarta: Dedi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022