Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkayang menerima tiga penghargaan dari KPU Provinsi Kalimantan Barat sebagai bentuk apresiasi atas kesuksesan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di daerah tersebut.

“Pemberian piagam penghargaan tersebut pada penutupan kegiatan rapat evaluasi tahapan pencalonan, pemungutan, penghitungan, rekapitulasi penghitungan suara dan penetapan calon terpilih pada pemilihan serentak tahun 2020,” ujar Ketua KPU Bengkayang Musa Jairani saat dihubungi di Bengkayang, Senin.

Ia menyebutkan tiga penghargaan tersebut dari tiga kategori tersebut yaitu terbaik kedua kategori jumlah data pemilih invalid terkecil dalam pemilihan serentak 2020. Kemudian terbaik ketiga kategori jumlah data pemilih tambahan (DPTb) terkecil dalam pemilihan serentak 2020 dan terbaik ketiga kategori jumlah data ganda terkecil dalam pemilihan serentak 2020.

"Kita menyampaikan ucapan terima kasih kepada KPU Provinsi Kalimantan Barat atas piagam penghargaan yang diberikan. Penghargaan ini tentu akan menambah motivasi kami agar menjadi lebih baik lagi dalam penyelenggaraan pemilu maupun pemilihan serentak ke depannya," kata dia.

Dalam Pilkada 2020, pasangan nomor urut 1, Sebastianus Darwis-Syamsul Rizal memperoleh suara sah sebanyak 44.955 suara dan kini telah resmi menjadi Bupati dan Wakil Bupati Bengkayang, palson urut 2 Mok Fo Tjhiu-Aliong memperoleh 14.338 suara, paslon urut 3 Martinus-dr Carlos Djaafara memperoleh 38.083, dan palson urut 4 Herman Ivo-Yohanes Pasti memperoleh 20.608 suara.

Adapun jumlah total suara sah sebanyak 117.984, suara tidak sah 3.707 dan total keseluruhan suara sebanyak sebanyak 121.691.

KPU mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Bawaslu Kabupaten Bengkayang, keempat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bengkayang beserta seluruh tim kampanye, serta jajaran Polri dan TNI yang telah membantu pengamanan seluruh rangkaian tahapan Pilkada Bengkayang 2020.

"Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Bengkayang atas kerja samanya dalam menyukseskan dan berpartisipasi pada penyelenggaraan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkayang Tahun 2020, sehingga sampai dengan tahap saat ini berjalan dengan aman, lancar dan sukses serta kondusif," kata dia.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021