Ketua Bawaslu Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Budahri menyatakan pihaknya siap melakukan pengawasan terhadap seluruh tahapan pelaksanaan Pemilu 2024 di Kota Pontianak.

"Bahkan kami (Bawaslu) juga sudah melaksanakan apel siaga terkait dengan pengawasan tahapan Pemilu 2024 di Pontianak," kata Budahri di Pontianak, Rabu.

Dia menjelaskan, memang sudah menjadi tugas Bawaslu dalam mengawasi seluruh tahapan-tahapan Pemilu.

Baca juga: KPU Kota Pontianak mulai menyiapkan berbagai tahapan Pemilu 2024

Baca juga: KPU Bengkayang kembali gencar sosialisasi tahapan Pilkada 2020

Pengawasan tersebut, menurut dia termasuk mulai dari proses pendaftaran partai politik, maka Bawaslu berperan serta untuk mengawasi tahapan tersebut.

Sejauh ini, ia menerangkan bahwa proses tahapan Pemilu di Kota Pontianak berjalan dengan lancar. Hal tersebut pun ia katakan juga bisa dilihat pada tahapan Pemilu 2019.

"Saya kira di Pontianak terkait pendaftaran partai politik sebelumnya berjalan dengan baik. Bawaslu tidak menangani sengketa, artinya semuanya berjalan dengan lancar," katanya.

Baca juga: KPU paparkan tahapan Pilkada Kapuas Hulu

Baca juga: Evaluasi Pemilu , terbitkan tahapan Pilkada 2020


Sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pontianak, Deni Nuliadi menyatakan, setelah KPU pusat secara resmi meluncurkan tahapan Pemilu 2024, maka pihak juga mulai menyiapkan berbagai tahapan penyelenggaraan Pemilu.

"Untuk tahap awal kami akan menyelenggarakan bimbingan teknis kepada para penyelenggara pemilu," katanya.

Selain itu, menurut dia, pihaknya juga akan melaksanakan kegiatan-kegiatan sosialisasi terkait dengan Pemilu 2024, kemudian penyiapan perangkat aturan yang akan mengatur tentang penyelenggaraan pemilu.

Baca juga: Kendala bawaslu dalam pengawasan tahapan pemilu

"Kami juga akan mempersiapkan terkait pendaftaran peserta pemilu yaitu partai politik yang nantinya akan dimulai tahapan pendaftaran pada akhir Juni 2022 ini," ungkapnya.

Kemudian terkait dengan pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan masih, pihaknya laksanakan hingga tahapan pemutakhiran pemilih Pemilu 2024 itu dimulai Oktober nanti. "Jadi pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan setiap bulan akan terus kami laksanakan seperti biasa," kata Deni.

Pewarta: Andilala

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022