Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Nurmarini mengatakan pihaknya sedang menyiapkan data terbaru pemilih untuk Pemilu 2024 mendatang.

"Dalam hal ini, kami hanya menyiapkan data terbaru, untuk pemanfaatannya nanti akan diserahkan kepada Ditjen Dukcapil dan KPU Pusat," kata Nurmarini di Sungai Raya, Rabu.

Dia menjelaskan, data yang disiapkan sesuai kondisi lapangan, karena proses perekaman dan pencetakan merupakan sesuatu yang harus dilakukan untuk melengkapi pembuatan administrasi kependudukan.

Sementara itu, Ketua KPU Kubu Raya Karyadi mengatakan, untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang, pihaknya tentu membutuhkan dukungan dari seluruh pihak.

"Kami selaku KPU Kabupaten Kubu Raya memerlukan dukungan sepenuhnya semua pihak agar bersama-sama kita mensukseskan tahapan pelaksanaan Pemilu 2024," tuturnya.

Terkait pemutakhiran data pemilih yang dilakukan, saat ini pemilih di Kubu Raya menjadi 422.085 orang. Terjadi kenaikan 218 pemilih dari periode sebelumnya, di mana terdapat penambahan pemilih baru sebanyak 232 pemilih yang tersebar di 5 (lima) kecamatan, pemilih tidak memenuhi syarat sejumlah 14 pemilih yang tersebar di 6 (enam) kecamatan dan pemilih ubah data (perbaikan data pemilih) ada 33 pemilih yang tersebar di 5 (lima) kecamatan.

Terkait aturan yang menjadi dasar pelaksanaan dimulainya tahapan Pemilu 2024, Karyadi menjelaskan bahwa saat ini KPU RI telah menerbitkan PKPU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu 2024.

"Kami mengingatkan kembali bahwa tahapan Pemilu sudah dimulai dan Hari Pemungutan Suara pada Pemilu adalah 20 bulan dari saat ini yaitu pada tanggal 14 Februari 2024," katanya.

Baca juga: Mendagri tegaskan sikap pemerintah, Pemilu 14 Februari 2024

Baca juga: KPU Kapuas Hulu perbarui data pemilih persiapan Pemilu 2024

Baca juga: KPU Kota Singkawang mutakhirkan 1.004 data pemilih berkelanjutan

Baca juga: KPU Kota Singkawang gencarkan sosialisasi gerakan cek data pemilih

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022