PT Telkom Indonesia (Persero) menyatakan dukungannya dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan melalui solusi kota pintar atau smart city di Indonesia.
 
Direktur Bisnis Digital Telkom Muhamad Fajrin Rasyid mengatakan Indonesia adalah negara dengan potensi digital yang sangat besar karena didukung penggunaan internet yang tumbuh pesat, bahkan tertinggi di Asia Tenggara.
 
"Transformasi digital menjadi komponen yang memainkan peran penting untuk pembangunan Indonesia yang berkelanjutan," ujarnya dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Baca juga: IndiHome lahirkan ribuan generasi prestasi melalui KIGP SMART Kalimantan 2022
Baca juga: ANTARA-Telkom Kalbar kerja sama untuk penyebarluasan produk dan informasi
 
Fajrin menjelaskan bahwa digitalisasi Indonesia dapat mendorong peningkatan produktivitas nasional, membuka lebih banyak peluang kerja, menciptakan efisiensi, dan layanan yang lebih baik, serta meningkatkan akses masyarakat untuk mendapatkan layanan terbaik.
 
Ia menegaskan Telkom sebagai perusahaan telekomunikasi pelat merah tentu mendukung penuh upaya pemerintah terkhusus dalam mendorong digitalisasi di berbagai aspek.
 
Melalui infrastruktur yang andal dilengkapi produk dan layanan yang beragam, lanjut Fajrin, Telkom hadir menciptakan lingkungan digital, mengembangkan masyarakat digital, dan mengakselerasi ekonomi digital melalui tiga domain, yaitu konektivitas, platform, dan layanan jasa.

Baca juga: TelkomGroup Siaga RAFI 2022, wujudkan kepuasan pelanggan terbaik untuk masyarakat
Baca juga: Telkom kenalkan produk digital inovatif di Kalbar
 
Salah satu dukungan digitalisasi yang diberikan Telkom adalah solusi smart city untuk kota dan kabupaten di Indonesia yang merupakan salah satu layanan jasa digital yang dikembangkan oleh perseroan.
 
Smart city merupakan solusi yang ditawarkan Telkom untuk mengakselerasi kota dan kabupaten menjadi kawasan yang cerdas dan modern. Terdapat pilar utama dalam pengembangan smart city yang digarap Telkom, antara lain infrastruktur cerdas, pengelolaan ekosistem kota terpadu yang cerdas, dan solusi cerdas.
 
"Saat ini, solusi Smart City Nusantara yang dirancang Telkom sedang diimplementasikan pada pembangunan ibu kota negara," kata Fajrin.
 
Selain menyediakan layanan konektivitas terbaik, Telkom juga akan menghadirkan solusi digital terbaik melalui pembangunan pusat data cerdas dengan keamanan jaringan pintar dan cerdas, sehingga mendorong terwujudkan IKN Nusantara menjadi smart city dengan layanan terbaik dan tingkat keamanan siber yang tinggi pula.

Baca juga: Telkom gelar KIGP SMART Kalimantan 2022, ajak pelajar jadi generasi prestasi
Baca juga: Telkom tampilkan produk digital-startup terbaik di Expo 2020 Dubai
Baca juga: Menteri BUMN Erick Thohir akan meluncurkan 5G Mining


Selain itu Direktur Utama Telkom Indonesia Ririek Adriansyah memastikan investasi Telkomsel di Gojek-Tokopedia (GoTo) sudah sesuai dengan prinsip tata kelola perusahaan yang baik atau good corporate governance (GCG).

Pernyataan tersebut disampaikan Ririek usai mengikuti rapat Panitia Kerja (Panja) Investasi BUMN bersama Komisi VI DPR RI di Jakarta, Selasa.

“Jadi, saya dan Dirut Telkomsel memberi penjelasan meliputi garis rencana Telkom ke depan ekspansi dan sebagainya, demikian juga kita juga sampaikan proses investasi Telkomsel di GoTo yang kami yakini proses itu sudah memenuhi berbagai prinsip GCG yang berlaku,” kata Ririek.

Ririek menyambut baik anggota Panja DPR yang memberikan kesempatan kepadanya untuk menjelaskan mengenai investasi tersebut. Ia merasa forum itu bisa dijadikan tempat untuk menjawab berbagai pertanyaan yang berkembangan mengenai investasi Telkomsel di GoTo.

Ririek menegaskan bahwa investasi Telkomsel di platform tersebut juga tidak melibatkan Kementerian BUMN.

 

Pewarta: Sugiharto Purnama

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022