PT Cita Mineral Investindo Tbk (CMI) ikut mendorong pengembangan sektor riil di Kecamatan Sandai, Kabupaten Ketapang, Kalbar, salah satunya melalui pengembangan demplot pertanian di Desa Sandai Kanan mengingat tingginya kebutuhan komoditas pertanian terutama pertanian pangan.

Selama ini, ketersediaan pangan di Kecamatan Sandai masih dipenuhi dari luar daerah seperti Ketapang atau Pontianak, padahal wilayah untuk areal pertanian atau perkebunan di wilayah itu masih tergolong luas. Namun harus diakui bertani sayur bukan salah satu kegiatan yang diminati oleh sebagian besar masyarakat sehingga mereka lebih memilih untuk berkebun sawit.

Baca juga: CMI raih penghargaan kategori Perak PDB Awards Tahun 2022
Baca juga: CMI bersama gapoktan kembangkan area persawahan Desa Sandai Kiri
Baca juga: Kelompok Tani Binaan CSR CMI panen jagung

Budi, anggota kelompok tani di Desa Sandai Kanan sekaligus pedagang sayur di Pasar Sandai mengungkapkan hal itu. Padahal, lanjut dia, kebutuhan tanaman sayur sangat tinggi di pasaran sementara stok minim mengingat rantai distribusi yang panjang.

Terkait hal itu, PT CMI membina kelompok tani yang tengah melakukan budidaya tanaman sayur-mayur di lahan seluas kurang lebih 4 hektare. Lahan tersebut ditanami berbagai macam jenis sayuran berdasarkan pada kebutuhan pasar lokal seperti cabai, terong, gambas, labu dan lain sebagainya.

PT CMI menyalurkan bantuan tahap dua berupa bantuan bibit, herbisida, insektisida, bantuan pupuk dan lain-lain bagi kelompok tani di Desa Sandai Kanan.

Baca juga: CMI bantu renovasi Masjid Baitul Makmur Desa Sandai
Baca juga: Hari Air Sedunia, CMI Site Air Upas Berkomitmen Salurkan Bantuan Air Bersih

“Berbagai bentuk inisiasi program CSR merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan. Program-program tersebut diharapkan mampu meningkatakan ekonomi masyarakat serta menjadi pendapatan alternatif baru bagi masyarakat," ujar Sugeng Sulistiyo, Manajer CSR-LA site Sandai.

"Selain itu, program dalam bidang ekonomi rill juga merupakan bentuk kontribusi perusahaan dalam pencapaian Sustainable Develeopment Goals (SDGs) terutama dalam pencapaian ketahanan pangan dan mendukung pertanian berkelanjutan," tambahnya.
Hal senada juga disampaikan oleh Kuat, dari Kelompok Tani Desa Sandai Kanan pada penyerahan bantuan program demplot pertanian.

“Petani mengucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada CMI atas bantuan dan dukungan terhadap pengembangan program pertanian yang selama ini dibina oleh perusahaan. Petani siap berkolaborasi dengan perusahaan dalam memajukan program pertanian melalui pertanian berkelanjutan," ujar dia.

Baca juga: CMI gelar program bantuan bibit kambing di Air Upas Ketapang
Baca juga: PT CMI bantu pemberian makanan tambahan cegah stunting di Pelanjau Jaya
Baca juga: PT CMI bantu penyandang disabilitas di Kecamatan Air Upas dan Marau

Pewarta: Rilis

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022