Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie mengatakan pihaknya sedang bersiap mewujudkan pembangunan industri kota untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan pekerjaan di kota tersebut.

"Untuk mewujudkan hal itu, saat ini kami telah membuat Perda tentang Rencana Pembangunan Industri Kota Tahun 2022-2042. Dalam waktu dekan ini akan kami sampaikan kepada Gubernur Kalimantan Barat dalam rangka fasilitasi," kata Tjhai Chui Mie di Singkawang, Senin.

Tujuannya, kata dia, guna mendapatkan legalitas formil yang selanjutnya dimintakan untuk mendapatkan nomor register Peraturan Daerah guna penetapan menjadi Peraturan Daerah dan diundangkan dalam lembaran daerah Kota Singkawang.

"Untuk Raperda tentang Izin Membuka Tanah Negara, saya minta kepada Kepala Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan untuk melakukan penyelarasan kembali kepada tim penyusun yaitu Kanwil Kementerian Hukum Dan HAM Provinsi Kalimantan Barat dengan melibatkan Badan Pertanahan Nasional Kota Singkawang," tuturnya.

Menurutnya, rencana pembangunan industri kota tersebut menjadi prioritas Pemkot Singkawang saat ini, terlebih di masa pandemi ini, Kota Singkawang membutuhkan pertumbuhan ekonomi baru selain mengandalkan sektor pariwisata yang selama ini di kembangkan di kota itu.

"Dengan adanya industri kota ini diharapkan dapat menjadi sektor ekonomi yang di dalamnya terdapat kegiatan produktif yang mengolah barang jadi atau barang setengah jadi, termasuk kegiatan rancang bangun industri dan perekayasaan industri," katanya.

Secara global, lanjutnya, peran sektor industri dalam mendorong kebangkitan ekonomi masyarakat cukup kuat. Hal ini disebabkan karena keterkaitan sektor industri terhadap sektor-sektor ekonomi lainnya.

Usaha industri atau perusahaan merupakan suatu kesatuan unit yang melakukan kegiatan ekonomi bertujuan menghasilkan barang dan jasa, terletak pada suatu bangunan atau lokasi tertentu, dan mempunyai catatan produksi dan struktur biaya serta ada seorang atau lebih yang bertanggung jawab atau usaha tersebut.

Industri merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk sehingga kita berharap ini bisa segera terwujud," kata Tjhai Chui Mie.

Baca juga: Pemkot Singkawang laksanakan vaksinasi PMK untuk hewan ternak

Baca juga: Tjhai Chui Mie dan Manager PLN UP3 Singkawang nyalakan listrik di Mantoman

Baca juga: Kegiatan UKM di Pasar 'Hongkong' Singkawang semakin menggeliat

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022