Presiden Joko Widodo mengenakan baju adat  Melayu Bangka Belitung warna hijau bermotifkan pucuk rebung saat menghadiri Sidang Tahunan MPR-RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 di Jakarta, Selasa.

Biro Pers Sekretariat Presiden, menyebutkan motif pucuk rebung melambangkan kerukunan, sementara warna hijau dipilih karena mengandung filosofi kesejukan, harapan, dan pertumbuhan.

Sedangkan  Ibu Negara hadir mengenakan kebaya berwarna pink lengkap dengan hijab berwarna senada serta dilengkapi dengan kain batik berwarna cokelat.

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin  mengenakan pakaian adat Solo dengan blankon, sementara Wury Ma’ruf Amin mengenakan kebaya berwarna hijau.

Wapres memilih pakaian atas berupa setelan Sikepan hitam dipadu dalaman putih dengan hiasan rantai arloji di dada menemani lambang kepresidenan, serta memakai Blangkon Trepes rata bagian belakang. Adapun untuk bawahan, Wapres memakai kain jarik batik cokelat motif Sidomukti dan selop berwarna emas.

Kegiatan di kompleks parlemen ini merupakan rangkaian perayaan HUT ke-77 RI, 17 Agustus 2022. Kegiatan ini dapat disaksikan melalui tayangan langsung di kanal Youtube DPR RI dan Sekretariat Presiden.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jokowi kenakan baju adat Babel motif pucuk rebung lambangkan kerukunan

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022