Ribuan warga memadati pantai Pulau Datuk, Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalbar,  untuk melihat aksi  panjat 45 batang pinang dalam rangka memeriahkan HUT  ke 77 RI, Minggu (21/8).

“Karena ini memperingati hari kemerdekaan yang ke 77, maka kita memasang  batang pinang menyerupai angka 77 yang disusun di tepi pantai Pulau Datok, “ kata Ketua APDESI Kayong Utara Naza Nadira 

Kegiatan  yang pertama kali di pantai Pulau Datok itu diharapkan  bisa meningkatkan kunjungan wisatawan   ke pantai yang pernah menjadi ajang internasional  Sail Selat Karimata pada tahun 2016 lalu.

"Masyarakat yang hadir tampak antusias mengikuti rangkaian kegiatan,  Namun beberapa masyarakat memberikan catatan khusus kepada pihak penyelenggara, karena sampai pukul 11.00 WIB kegiatan perlombaan panjat pinang yang dinanti masyarakat belum juga mulai, bahkan ada beberapa masyarakat tampak membubarkan diri" kata dia.

Selain itu juga, Kepala Desa Sedahan Jaya ini berharap dengan semangat perayaan Hari UlangTahun Indonesia  yang didukung semua pemerintahan desa di Kayong Utara bisa mempererat silahturahmi sesama perangkat desa yang juga telah mensukseskan kegiatan tersebut.

"Panjat pinang ini terbuka untuk umum, siapa pun boleh ikut asal mau dan mampu," kata dia.

Pengunjung pantai Pulau Datok Rudi sangat mengapresiasi kegiatan positif yang dilaksanakan di pantai Pulau Datok, dimana menurutnya kunjungan pada saat kegiatan itu melonjak tinggi 

"Bisa kita lihat hari ini, banyak yang datang ke sini, lebih dari seribu orang hadir ke Pulau Datok saat iven HUT RI ini diselenggarakan dengan meriah," kata dia.

Pewarta: Rizal

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022