Bagi masyarakat Ketapang, Kalimantan Barat ataupun warga dari luar akan dapat menikmati pemandangan  kota Ketapang  dengan cara menyusuri Sungai Pawan dengan  Kapal Wisata Ale-Ale.

Keberadaan kapal wisata tersebut baru diresmikan Sekretaris Daerah Ketapang Alexander Wilyo  di Dermaga Saunan, Kelurahan Mulia Baru Kecamatan Delta Pawan, pada Kamis. 

"Kapal Wisata Ale-Ale Ketapang akan menjadi satu di antara ikon wisata di Kota Ketapang," kata Sekda melalui rilis Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Pemkab Ketapang, Jumat. 

Sekda menjelaskan kapal wisata ini rutenya menyusuri Sungai Pawan.

 "Harapan kita, potensi menyusuri sungai dan melihat Kota Ketapang. Khususnya dari jalur air menggunakan kapal ini menjadi wisata baru di Ketapang," ucapnya. 

Sekda mengapresiasi ide-ide kreatif masyarakat seperti pengadaan kapal wisata ini. Lantaran ide kreatif ini tentu memiliki peran turut membangun Ketapang melalui potensi wisata. Diharapkannya ke depan semua bersama-sama membangun Ketapang melalui ide-ide kreatif yang positif.

"Saya harap semua sama-sama mempromosikan kapal wisata ini. Termasuk saat penyelenggaraan MTQ ke-XXX Tingkat Provinsi Kalbar. Semoga tamu-tamu kita bisa ke sini dan melihat Ketapang dari sungai," harap Sekda. 

Pemilik kapal, Hadi Akbar mengatakan kapal wisatanya sudah dilakukan uji coba oleh dinas terkait. Kapalnya bjsa memuat 200 penumpang dibawa dari Batu Ampar ke Ketapang.

"Kapal ini akan beroperasi setiap hari mulai pukul 15.00 sampai 22.00 WIB. Biayanya Rp 25 ribu per-orang sudah termasuk asuransi. Anak-anak di bawah 5 tahun gratis," ungkap Hadi.

Menurutnya, pengunjung bisa memesan makan dan minum di kantin kapal. Serta bisa bernyanyi karena disediakan fasilitas karaoke.

"Kapal wisata ini bersandar di Dermaga Saunan. Selain untuk menyusuri sungai juga bisa untuk keperluan seperti rapat atau acara khusus lainnya," tutur Hadi.

Pewarta: Subandi

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022