Pemerintah Kota Singkawang melatih 100 UMKM setempat untuk memanfaatkan teknologi digital dalam meningkatkan pemasaran produk

"Kami mengapresiasi pelaksanaan kegiatan pelatihan DEA yang digelar oleh Dinas Kominfo Singkawang yang bekerjasama dengan Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan," kata Staf Ahli Walikota bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan Karyadi di Singkawang, Jumat.

Menurutnya, di era digitalisasi, pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangat penting dan bermanfaat dalam mendukung kemajuan usaha bagi para pelaku UMKM.

"Agar bisa bertahan, para pelaku UMKM harus melek teknologi untuk menunjang usahanya. Sayangnya, masih banyak pelaku UMKM yang belum melek teknologi, padahal, banyak manfaat yang diperoleh jika paham akan pemanfaatan teknologi. Salah satunya adalah meningkatkan pemasaran dan penjualan sehingga terwujud kesejahteraan masyarakat di era digitalisasi," tuturnya.

Di sisi lain, lanjutnya, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi juga memberikan dampak positif bagi masyarakat di mana kemajuan teknologi memberikan kemudahan untuk mengakses informasi-informasi yang dibutuhkan. Misalnya, informasi seputar membangun usaha dan cara memperoleh bantuan untuk menunjang usaha.

Perwakilan BBPSDMP Kominfo Medan Martha Sitanggang menambahkan pihaknya meyakini pelatihan DEA dipercaya dapat mendorong peningkatan kualitas SDM dalam bidang TIK.

Ada pun dampak positif pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing para pelaku UMKM Kota Singkawang dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Lebih lanjut, dia mengatakan pelatihan ini membentuk 4 (empat) kompetensi para pelaku UMKM demi mendukung akselerasi transformasi digital, yaitu critical thinking, creative, collaboration dan communication.

"Maka dari itu, kami berharap setiap peserta dapat mengikuti pelatihan DEA ini dengan serius. Sehingga, ilmu yang didapat dari pelatihan ini bisa langsung diimplementasikan pada usahanya," katanya.

Baca juga: Pemprov dan Kementerian BUMN gelar Kick Off Gernas BBI Kalbar 2022
Baca juga: Kiat membagi waktu antara pekerjaan tetap dan usaha sampingan
Baca juga: Presiden Joko Widodo minta UMKM manfaatkan NIB untuk tambah modal

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022