Wakapolda Jawa Tengah Brigjen Pol Abiyoso Seno Aji menegaskan tidak boleh ada lagi operasi atau razia lalu lintas oleh polisi yang dilakukan di tepi jalan.

"Sudah tidak eranya polisi melakukan razia lalu lintas di pinggir jalan, menghentikan pengendara yang melintas," kata Abiyoso Seno saat apel pasukan Operasi Zebra Candi 2022 di Semarang, Senin.

Ia mempersilakan masyarakat melapor jika masih menemukan polisi yang melakukan razia lalu lintas di pinggir jalan.

Baca juga: Polres Singkawang gelar Operasi Zebra Kapuas dengan mengedepankan edukasi

Saat ini, kata dia, penindakan terhadap pelanggaran lalu lintas menggunakan kamera mobile Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) yang dipasang di kendaraan petugas.

Dalam kegiatan operasi yang digelar mulai 3 hingga 16 Oktober 2022 itu, kata dia, akan mengedepankan upaya edukatif, preventif, preemtif, serta penindakan berbasis ETLE.

"Penindakan bukan dilakukan untuk menakut-nakuti masyarakat," katanya.

Kegiatan Operasi Zebra Candi 2022 ini, lanjut dia, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap budaya tertib lalu lintas.

"Tertib lalu lintas sebagai budaya, merupakan cermin pribadi masyarakat Jawa Tengah," katanya.
Baca juga: Kapolres Kapuas Hulu imbau pengendara bermotor patuhi aturan berlalu lintas
 
Kapolda Kalbar Irjen (Pol) Suryanbodo Asmoro menyatakan, pihaknya akan kedepankan edukasi mengenai keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) sepanjang digelarnya Operasi Zebra Kapuas 2022, sejak 3 Oktober hingga 16 Oktober.

"Kami lebih mengutamakan edukasi, peringatan kepada seluruh masyarakat atau para pengendara kendaraan bermotor agar taat aturan dalam berlalu lintas," kata Suryanbodo Asmoro saat memimpin langsung gelar pasukan pada Operasi Zebra Kapuas 2022 di Pontianak, Senin.

Dia menjelaskan, masyarakat atau pengendara kendaraan bermotor juga harus diberikan pemahaman, bahwa yang menggunakan jalan tidak hanya dia sendiri, tetapi juga ada pengendara lainnya, sehingga memang harus saling mematuhi aturan lalu lintas. Baca selengkapnya: Kedepankan edukasi pada Operasi Zebra Kapuas

Pewarta: Immanuel Citra Senjaya

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022