Sebuah rumah milik ibu Mariam dan Zakaria Ketua RT 10/RW 002, diJalan Tanjung Pura Kedamin Hilir Kecamatan Putussibau Selatan, Kapuas Hulu Kalbar terbakar.

Peristiwa kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 12.10 WIB, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun kondisi rumah yang juga Sekretariat RT 10 tersebut hangus terbakar.

"Saat kejadian kami semua berada dalam rumah, kami tidak tahu api sudah menyala di bagian tingkat atas rumah," kata Ketua RT 10 Kedamin Hilir Zakaria, kepada ANTARA, di lokasi kebakaran di Kelurahan Kedamin Hilir Putussibau Selatan Kapuas Hulu, Jumat.

Menurut Zakaria, saat itu dirinya sedang makan siang, mendengar teriakan tetangga ada api, setelah menyadari ternyata api sudah membesarkan di bagian lantai dua rumahnya.

 
Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api di sebuah rumah Sekretariat RT 10/RW 02 di Jalan Tanjung Pura, Kelurahan Kedamin Hilir, Kecamatan Putussibau Selatan Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Jumat (21/10/2022). ANTARA/Teofilusianto Timotius.
 
 

"Begitu saya lihat api sudah membesar, asap menebal hitam dan saya langsung menyematkan ibu saya  sedangkan yang lainnya juga menyelematkan diri," tutur Zakaria.

Berdasarkan keterangan saksi mata, Alam Andreas mengungkapkan dirinya melihat api sudah menyala saat melintas menggunakan sepeda motor.

Melihat peristiwa tersebut dia, dirinya langsung berhenti dan turun dari sepeda motor yang dikendarai dan memberitahukan kepada pemilik rumah.

"Saya langsung kasih tahu pemilik rumah dan membantu mereka menyelamatkan sejumlah barang yang bisa diselamatkan, saya juga menghubungi kawan agar menghubungi pemadam kebakaran," katanya.

 
Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api di sebuah rumah Sekretariat RT 10/RW 02 di Jalan Tanjung Pura, Kelurahan Kedamin Hilir, Kecamatan Putussibau Selatan Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Jumat (21/10/2022). ANTARA/Teofilusianto Timotius.



Atas kejadian tersebut, mobil pemadam kebakaran milik Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu dan Yayasan Bhakti Suci segera menuju lokasi kejadian dan berupaya memadamkan api yang juga dibantu masyarakat setempat.

Sekitar pukul 12.54 WIB, api berhasil dipadamkan, namun petugas pemadam kebakaran masih terus melakukan penyiraman untuk memastikan api benar-benar padam.

Hingga berita ini dikirimkan, belum diketahui pasti penyebab kebakaran dan menunggu keterangan resmi dari pihak berwenang.



Baca juga: 10 unit rumah terbakar diduga akibat arus pendek listrik
Baca juga: Polisi selidiki penyebab kebakaran di Kantor Balitbang
Baca juga: Dalam sehari dua peristiwa kebakaran di Kedamin dan Mentebah Kapuas Hulu

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022