Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melakukan simulasi kegiatan pertemuan empat menteri dari forum bergengsi Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) yang ke-25, dengan fokus di beberapa titik lokasi kegiatan.

"Ada beberapa titik lokasi kegiatan di Kota Pontianak yang akan kita gunakan untuk melaksanakan kegiatan BIMP-EAGA ke-25 ini. Untuk itu pada rapat kali ini kita melakukan beberapa simulasi yang di sampaikan beberapa dinas dan lembaga teknis," kata Sekretaris Daerah, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat Harisson di Pontianak, Selasa.

Simulasi yang dilakukan mulai dari prakegiatan, penyambutan tamu, kegiatan inti, hiburan, hingga kepulangan peserta BIMP -EAGA di Pontianak.

Harisson menjelaskan, pihaknya telah melakukan beberapa kali rapat teknis untuk mematangkan persiapan kegiatan tersebut. Di mana setiap dinas dan instansi terkait di minta untuk fokus pada tugas dan kewajibannya masing-masing.

Menurutnya, Kalbar terpilih sebagai tuan rumah pertemuan empat menteri ini, karena Kalbar adalah salah satu provinsi dengan pertumbuhan ekonominya yang baik, serta berpotensi dapat melakukan bekerja sama di bidang ekonomi.

Kegiatan tersebut, katanya, akan di laksanakan pada tanggal 23 sampai 26 November di Kota Pontianak yang akan di hadiri menteri perekonomian dari empat negara ASEAN.

"Selain itu, kegiatan ini juga akan dihadiri para Gubernur se-Indonesia, Ketua Menteri, termasuk dari Direktur Asian Development Bank. Makanya, persiapannya harus benar-benar di matangkan agar tidak ada kendala saat pelaksanaannya," kata dia.

Dalam pertemuan tersebut, nantinya kepala daerah akan berdiskusi untuk mengangkat potensi daerahnya masing-masing. Dalam hal ini, kata Harisson, pihaknya dapat mengangkat potensi Kalbar untuk dapat bekerja sama dengan negara yang tergabung dengan BIMP-EAGA.

"BIMP-EAGA sendiri adalah suatu acara, nanti ada berbagai pengalaman antar kepala daerah, Gubernur, Menteri, juga berdiskusi. Ini menjadi ajang untuk mengangkat potensi-potensi daerah, dalam hal ini di Kalbar mengangkat potensi kita untuk dapat bekerja sama dengan negara yang bergabung dengan BIMP-EAGA. Juga nanti akan hadir dalam memaparkan momentum pertemuan ekonomi ini," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022