Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat saat ini dapat memantau langsung arus lalu lintas kendaraan di Kota Putussibau melalui kamera pemantau (closed circuit television, CCTV) yang telah terpasang di enam titik persimpangan di daerah tersebut.

"Dengan diaktifkannya CCTV itu kami bisa memantau langsung arus lalu lintas di Kota Putussibau," kata Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Dishub Kapuas Hulu Yulianus Surirondiny, di Putussibau Kapuas Hulu, Kamis.

Disampaikan Yulianus, enam titik persimpangan yang terpantau CCTV di wilayah Putussibau Selatan dan Putussibau Utara yaitu Simpang empat Polres Kapuas Hulu, Simpang Empat jalan Amin, Simpang empat Masjid Darussalam, Simpang empat Penjara dan Simpang empat Melapi.

Menurutnya, CCTV sangat penting diaktifkan untuk memantau langsung arus lalu lintas dan mengawasi tindak kejahatan di jalanan.

Sementara itu, salah satu warga Kota Putussibau Widodo Sutardi menyatakan sangat mendukung upaya Dishub Kapuas Hulu yang mengaktifkan CCTV di beberapa titik strategis.

"Sebagai masyarakat kami sangat mendukung diaktifkannya CCTV, sehingga apabila ada kecelakaan ataupun tindakan kejahatan bisa langsung terpantau," katanya.

Dia juga mengatakan dengan adanya CCTV minimal dapat mengurangi pelanggaran lalu lintas dan juga mengantisipasi tindak kejahatan.

"Kalau ada CCTV begitu, orang yang ingin berbuat jahat pun pasti mikir, ini salah satu upaya pencegahan," kata Sutardi.

 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022