Bupati Citra Duani berharap agar festival panen budidaya hasil laut Karimata Kabupaten Kayong Utara bisa meningkatkan perekonomian masyarakat di kepulauan.  

“Pemerintah Daerah turut hadir untuk memberikan pembinaan serta memberikan bantuan kepada para nelayan untuk membuat keramba ikan dan budidaya rumput laut sehingga di saat musim selatan tiba para nelayan akan tetap mendapatkan penghasilan dari hasil kerambanya tersebut,” kata Citra Duani di Sukadana, Rabu, (09/11).

Festival panen perdana budidaya hasil Laut Karimata di Desa Pelapis Kecamatan Kepulauan Karimata yang diselenggarakan pada Minggu 6 November 2022 itu turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Kalimantan Barat Ria Norsan dan OPD terkait.

"Kegiatan ini merupakan salah satu upaya kita untuk memberikan pembinaan serta mengubah paradigma para nelayan, yang mana semula mereka bekerja untuk mencari ikan kini menjadi menangkap ikan dengan cara membuat keramba ikan dan membudidayakan hasil laut lainnya seperti lobster, budidaya rumput laut dan lain sebagainya yang bernilai ekonomis sehingga pada saat tidak melaut saat musim selatan dan cuaca buruk mereka masih tetap memiliki penghasilan," ucap Citra.

Bupati Citra juga menjelaskan untuk membudidayakan rumput laut tidak terlalu sulit bahkan dalam kurun waktu sekitar 45 hari saja rumput laut tersebut sudah dapat dipanen dan langsung dapat dijual karena di pelapis juga sudah ada penampungnya sehingga para pembudidaya rumput laut langsung mendapatkan penghasilan dari budidaya rumput laut mereka tersebut.

Kemudian Bupati Citra mengatakan akan berupaya meningkatkan pariwisata di daerah Kepulauan Karimata yang nantinya diharapkan dapat turut menopang peningkatan perekonomian masyarakat kepulauan.

"Selain pembuatan keramba dan budidaya rumput laut, d isisi lain kita juga akan mengembangkan pariwisata dimana daerah kepulauan ini sangat potensial apalagi dengan tersedianya budidaya laut yang mana ini akan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat setempat," ujar Citra.

Pewarta: Rizal Komarudin

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022