Wakil Bupati (Wabup) Ketapang, H Farhan saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke 77 di halaman Kantor Bupati Ketapang, Kamis, mengajak seluruh elemen masyarakat di daerah itu untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

"Janganlah kita mau untuk dipecah belah, ingatlah slogan Bhinneka Tunggal Ika. Apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi semua untuk meneruskan perjuangan mereka,"  katanya.

Wabup mengatakan semangat kepahlawanan yang terus menyala. Maka dapat dijadikan sebagai motor penggerak dalam upaya mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan cita-cita pendiri negeri ini.

"Mari tunjukkan kontribusi kita kepada Bangsa dan Negara dengan menjadi pahlawan masa kini. Memiliki empati untuk menolong sesama, saling menghargai dan menghormati satu sama lain," pesan Wabup.

Wabup menegaskan, semua harus meneruskan pengembangan dan pemanfaatan energi baru dan terbarukan. Melakukan pengembangan sumber pangan berbasiskan potensi dan kearifan lokal, sebagai solusi pemenuhan kebutuhan pangan dan memperkuat keragaman pangan.

Ia juga mengingatkan untuk mengelola secara bijak untuk menjamin keamanan dan ketahanan sumber daya air. Harapannya agar dapat menopang keberlangsungan hidup dan kehidupan generasi kini dan generasi mendatang lebih baik lagi. 

"Dengan senjata, pemikiran dan karya-karya nyata para pahlawan Bangsa telah mengajarkan bahwa kita bukan Bangsa pecundang. Kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi dengan tangan mengepal dan dada menggelora," ujar Wabup. 

"Jadi peringatan Hari Pahlawan 2022 diharapkan dapat terus memberikan energi tambahan. Serta menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat," lanjutnya. 

Menurut Wabup, mengisi kemerdekaan tentu dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya. "Jadikan lah semangat dan nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kita bersama," imbau Wabup. 

Pewarta: Subandi

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022