Sejumlah Fraksi di DPRD Kota Singkawang Provinsi Kalimantan Barat mengusulkan beberapa nama untuk menjadi calon Penjabat (Pj) Wali Kota Singkawang menggantikan kepemimpinan Tjhai Chui Mie dan Irwan yang akan berakhir pada 17 Desember mendatang.

"Di dalam UU Nomor 10 Tahun 2016 dalam Pasal 201 Ayat (11), Pj Kepala Daerah di Singkawang dapat diisi oleh jabatan Pimpinan Tinggi Pratama seperti Eselon II a dan Eselon II b. Artinya, selain diusulkan oleh Gubernur Kalimantan Barat, nama-nama calon Pj juga diusulkan oleh DPRD Kota Singkawang ke Kemendagri," kata Ketua Fraksi Gerindra dan Demokrat Kota Singkawang, Dido Sanjaya di Singkawang, Rabu.

Dia menjelaskan, beberapa nama calon Pj Wali Kota Singkawang berdasarkan usulan dari sejumlah Ketua Fraksi DPRD Singkawang, antara lain, Fery Madagaskar (Sekda Kabupaten Sambas), Sumastro (Sekda Kota Singkawang), Linda Purnama (Asisten I Setda Provinsi Kalbar), Syarif Kamaruzaman (Kadisperindagkop ESDM Provinsi Kalbar) dan Ani Sofian (Kepala Dinas Kepegawaian Provinsi Kalbar).

Seperti yang diungkapkan Dido Sanjaya, jika fraksinya sudah menyampaikan usulan nama untuk menjadi Pj Wali Kota Singkawang. Di mana usulan nama tersebut, katanya, tinggal menunggu proses untuk disampaikan kepada pimpinan DPRD Singkawang.

"Dari fraksi kami ada tiga nama yang diusulkan. Ketiga orang tersebut, yaitu Fery Madagaskar, Sumastro dan Linda Purnama," tuturnya.

Sementara Ketua Fraksi PDI-Perjuangan, Sumian juga mengaku telah mengusulkan tiga nama, di mana salah satu nama yang diusulkan adalah Sekretaris Daerah Kota Singkawang, Sumastro.

"Sudah kita usulkan salah satunya Pak Sumastro," kata Sumian.

Kemudian, Ketua Fraksi PKS, Sodi M Idris juga menyebutkan sudah mengusulkan tiga nama.

Hanya saja, Sodi tidak mau menyebutkan secara gamblang nama-nama yang diusulkan oleh fraksinya. "Inisialnya saja ya, yang diusulkan yaitu FM, SK dan SM," katanya.

Kemudian, Ketua Fraksi Karya Solidaritas Amanat Pembangunan (KSAP) DPRD Singkawang, Elzi Syayid mengatakan, jika pihaknya juga sudah mengusulkan tiga nama. Namun, dirinya enggan menyebutkan secara gamblang nama-nama tersebut.

"Ada nama-nama itu yang kami usulkan untuk selanjutnya kami sampaikan ke pimpinan DPRD Singkawang," katanya.  

Baca juga: KPU Singkawang kenalkan aplikasi berbasis website SIAKBA

Baca juga: Singkawang lakukan pendekatan perspektif konstitusi terhadap semua etnis

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022