Wakil Bupati Kapuas Hulu Kalimantan Barat Wahyudi Hidayat mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat untuk mencegah terjadinya kekerdilan atau stunting.

"Untuk mencegah stunting masyarakat harus merubah pola hidup, menerapkan hidup bersih dan sehat, sehat tidak ada lagi anak yang kerdil," kata Wahyudi Hidayat, di Putussibau Kapuas Hulu, Senin.

Disampaikan Wahyudi, dalam penanganan stunting di Kapuas Hulu perlu komitmen dan kerja sama semua pihak, terlebih lagi kesadaran masyarakat itu sendiri dalam pola hidup sehat.

Menurutnya, menerapkan pola hidup sehat terutama bagi ibu hamil merupakan upaya dalam mencegah agar bayi yang lahir tumbuh sehat dan tidak mengalami stunting.

Selain itu, perlunya juga intervensi dari semua pihak khusus bagi organisasi perangkat daerah sesuai tugas dan fungsinya masing-masing.

"Perlu komitmen dan kerja sama kita semua untuk terus berupaya dan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pola hidup sehat," katanya.

Dikatakan dia, masih ada masyarakat yang belum mengetahui penyebab stunting, hal tersebut menjadi tugas bersama semua pihak.

"Perlu peningkatan dan keterampilan di tengah masyarakat sehingga memiliki dampak positif dalam pencegahan stunting untuk yang akan datang," pesannya.

Baca juga: Satono gencarkan pola hidup bersih dan sehat

Baca juga: Kapuas Hulu juara 3 lomba hidup bersih dan sehat di Kalbar

Baca juga: Kabupaten Sintang minta masyarakat terapkan pola hidup bersih dan sehat
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022