Pj Wali Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Sumastro memastikan perayaan Natal 2022  berjalan dengan damai, lancar dan terkendali.

"Hal-hal yang dapat menjadi potensi gangguan/kerawanan yang dihubungkan dengan faktor alam, manusia dan lainnya itu dalam posisi yang harus kita pantau hari demi hari dan detik demi detik," kata Sumastro di Singkawang, Minggu.

Namun pihaknya tetap meminta dukungan dari seluruh elemen masyarakat Singkawang.

Mengenai ketersediaan stok bahan pokok baik yang bersifat produk olahan di tingkat agen maupun distributor masih dalam kondisi aman.

"Pantauan tersebut sudah kita lakukan sebelum perayaan Natal kemarin yang mana stok bahan pokok cukup dan aman," tuturnya.

Begitu juga dengan bahan pokok yang diproduksi setempat, seperti sayur mayur, telur, daging dan sebagainya, pihaknya sudah melakukan monitoring pada 13 Desember ke pasar dan pedagang,

"Kami juga punya Satgas Pangan, jika memang perlu dilakukan inspeksi di lapangan akan kita lakukan untuk memastikan kesiapan bahan pokok aman di Kota Singkawang," ungkapnya.

Menurutnya, perayaan Natal dan Tahun Baru merupakan bagian dari ekspresi masyarakat untuk bergembira, bersuka cita, melaksanakan ibadah khususnya umat Kristiani.

Bahkan masyarakat yang lainnya juga memanfaatkan waktu libur hari besar tersebut untuk berwisata.

"Maka itu akan tetap kita berikan rasa aman baik dalam konteks pengamanan maupun kewaspadaan terhadap kejadian luar biasa," jelasnya.

Bahkan, Pemkot Singkawang sudah mendapatkan arahan dari Kemenkes kemudian ditindaklanjuti jajaran Pemkot di tingkat dinas, rumah sakit dan puskesmas, terhitung hari Jumat (23/12) sampai 2 Januari 2023 siaga 24 jam untuk melayani masyarakat.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022