Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan meminta 45 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang dilantik mengedepankan tanggung jawab dan menciptakan suasana kondusif menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024.

"Kami optimistis proses pelantikan 45 anggota PPK ini sudah dilakukan dengan baik dengan berbagai tahapan. Saya yakin semua sudah mengetahui tanggung jawabnya masing-masing," kata Muda usai menghadiri pelantikan anggota PPK di Kubu Raya, Kalimantan Barat, Rabu.

Baca juga: Panitia Pemilihan Kecamatan diminta profesional dan netral di Pemilu 2024

Muda menjelaskan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya selalu mengedepankan diksi tanggung jawab karena hal itu merupakan bagian dari sejarah dalam proses demokrasi di Indonesia.

"Pelantikan ini menjadi momen yang sangat penting karena menyangkut hajat hidup orang banyak," tambahnya.

Dia menegaskan kualitas proses akan menentukan hasil dan menjadikan masyarakat Kubu Raya semakin cerdas dalam berdemokrasi.

"Hal yang paling penting adalah bagaimana cara kita membangun suasana yang baik di masing-masing PPK maupun kebersamaan untuk tujuan yang baik dan ikhtiarkan setiap sesuatu dengan langkah-langkah yang bisa memberikan kenyamanan dan suasana kondusif," jelasnya.

Baca juga: 25 anggota PPK yang baru dilantik diminta jaga integritas

Dia menambahkan hingga kini masyarakat sudah paham tentang bagaimana melihat perspektif sebuah proses demokrasi.

"Semoga ke depannya kualitas itu akan terlihat dari keikutsertaan masyarakat untuk memilih; dan tingkat pemilih diharapkan lebih maksimal. Jika rata-rata keikutsertaan hanya di angka 60 sampai 70 persen, maka diharapkan pada Pemilu 2024 bisa mencapai 80 persen," ujar Muda Mahendrawan.

Baca juga: 131 pelamar lolos seleksi administrasi PPK pemilu 2024

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023