Pelatihan Satuan Pengamanan atau Satpam menjadi salah satu program tahunan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pontianak dimana pada tahun ini sebanyak 25 orang terpilih untuk mengikuti pelatihan tersebut dari hasil seleksi tahun 2022.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menyambut baik program ini. Ia berpesan agar peserta pelatihan dapat menjaga kebugaran fisik serta kedisiplinan. Selain itu dirinya juga mengingatkan untuk mempelajari aturan perundang-undangan.

"Mereka akan diberikan sertifikat, selain menambah wawasan, tentu akan meningkatkan pendapatan. Dan yang paling penting keamanan juga meningkat," katanya usai membuka secara resmi Pelatihan Satpam di Kantor Dinsos Pontianak, Senin (13/2) lalu.

Edi menyebut, pertumbuhan penduduk Kota Pontianak setiap tahunnya mencapai angka 1,7 persen. Oleh karena itu keamanan sipil harus diperkuat.

"Bertambahnya kebutuhan Satpam yang bersertifikat pada instansi-instansi juga menjadi peluang 25 orang," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Pontianak Trisnawati menjelaskan, peserta yang mendaftar adalah mereka yang masuk daftar kelompok Program Keluarga Harapan (PKH) Kementerian Sosial. Dari 50 peserta yang mengikuti seleksi, 25 di antaranya lolos seleksi dan dinyatakan memenuhi syarat untuk mengikuti pelatihan selama dua pekan itu.

"Yang melatih adalah Brigade 86," ujarnya.

Pihaknya menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan sebagai tindak lanjut pelatihan. Tina sapaan akrabnya menyampaikan, Dinsos juga akan terus menginformasikan daftar peserta Satpam ke Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Pontianak.

"Kita terus komunikasikan tentang ketersediaan tenaga Satpam ke perusahaan dan outsourcing serta ke Disnaker," katanya.

Selain pelatihan Satpam, Dinsos Kota Pontianak juga akan melaksanakan pelatihan kerajinan tenun bersama Dekranasda Kota Pontianak. Jika sebelumnya sudah digelar kursus menjahit, dia ingin masyarakat Pontianak belajar tenun karena terdapat ciri khas sosial budaya.

"Tahun lalu kita berikan alat jahit. Tahun ini kita kerja sama dengan Dekranasda untuk bertenun," kata Kadis Sosial itu.

 

Pewarta: Jessica HW - Prokopim

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023