Bupati Kayong Utara Citra Duani menerima sertifikat bebas frambusia dari  Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta,  Selasa, (21/2).

Penghargaan tersebut dalam rangka peringatan hari Neglected Tropical Diseases (NTDs) se dunia, Menteri Kesehatan menyerahkan sertifikat kepada 103 kabupaten/kota termasuk Kabupaten Kayong Utara.

Bupati Citra Duani yang hadir bersama Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kayong Utara mengatakan, penyerahan sertifikat ini sebagai bukti bahwa Kabupaten Kayong Utara itu aman, tidak ditemukan kasus frambusia dan telah memenuhi berbagai tahapan penilaian.

"Kusta dan frambusia sudah ada sejak lama dan masih ada hingga saat ini. Jadi Diperlukan penanganan yang serius dari kita menentukan kebijakan yang efektif agar penyakit ini tidak ditemukan di wilayah Kayong Utara," kata Bupati.

Orang nomor satu di negeri bertuah tersebut berkomitmen memberikan penanganan yang maksimal kepada penyakit yang dapat tumbuh dan berkembang di daerah yang tropis, panas, dan hujan.

"Dulu pernah ada, di tahun 2012. Karena kerja keras kita melalui Dinas Kesehatan Kayong Utara berhasil memutus rantai penyakit menular tersebut, tinggal sekarang bagaimana kita dapat mempertahankannya, dengan mendeteksinya lebih dini," ujar Bupati.

Atas capaian yang telah didapat Dinas Kesehatan, Bupati Citra tak lupa mengucapkan terima kasih kepada prajurit Kesehatan Kayong Utara, yang telah bekerja keras menjaga masyarakat mulai dari penanganan COVID-19, vaksinasi, termasuk bebas frambusia.

"Ini capaian Kayong Utara, ini penghargaan untuk petugas kesehatan Kayong Utara mari kita jaga bersama," tutupnya.

Pewarta: Rizal Komarudin

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023