Kabupaten Kapuas Hulu,  Kalimantan Barat telah melaksanakan deklarasi damai dan berintegritas menuju Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2024.

"Deklarasi damai dan berintegritas itu tentunya bukan hanya formalitas dan seremonial semata, tetapi perlu komitmen dan kerjasama  semua pihak mewujudkannya," kata Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan, di Putussibau Kapuas Hulu, Selesa malam.

Disampaikan Fransiskus, tahapan Pemilu 2024 saat ini sedang berlangsung, sehingga sangat tepat dilaksanakannya deklarasi damai dan berintegritas, agar semua pihak dapat bekerjasama dan bersinergi dalam mewujudkannya.

Menurutnya, semua pihak memiliki peranan dalam menyukseskan Pemilu 2024 mendatang, salah satunya yaitu Komisi Pemilihan Umum (KPU) tentu memastikan semua tahapan pemilu bisa terlaksana sesuai jadwal.

Kemudian, Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) melakukan pengawasan, aparat kepolisian yang didukung oleh TNI memastikan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif dan seluruh tahapan pemilu terlaksana dengan baik.

Selain itu, untuk pemerintah daerah selalu fasilitator yaitu memfasilitasi sesuai dengan kewenangannya.

"Begitu juga dengan partai politik, organisasi kemasyarakatan, pemuda dan mahasiswa yang tentu memiliki peran masing-masing dalam mendukung terselenggaranya pemilu yang damai dan berintegritas," katanya.

Dia juga mengatakan dengan deklarasi damai membuktikan adanya kesatuan semangat bersama-sama mewujudkan pelaksanaan pemilu yang damai, langsung umum, bebas dan rahasia, jujur adil dan berintegritas tanpa adanya berita bohong atau hoax, ujaran kebencian, politik sara dan politik uang,".

Dia berharap deklarasi damai dan berintegritas tersebut dapat disebarluaskan dan disosialisasikan ke masyarakat, sebab mewujudkan pemilu damai dan berintegritas merupakan tanggung jawab bersama.

Diketahui, deklarasi damai dan berintegritas menuju Pemilu 2024 melibatkan partai politik, aparat penegak hukum serta sejumlah organisasi kemasyarakatan dan Pemerintah Daerah Kapuas Hulu.

 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023