Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat berharap agar perusahaan perkebunan kopi di daerah tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Kami harapkan perkebunan kopi  dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menyerap tenaga kerja lokal," kata Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan, di Putussibau Kapuas Hulu, Minggu.

Diketahui perusahaan perkebunan kopi jenis liberika itu dikelola oleh PT Hakikat Arwana Sukses yang beroperasi di 19 desa di Kecamatan Hulu Gurung dan Kecamatan Pengkadan wilayah Kabupaten Kapuas Hulu.

Disampaikan Fransiskus, perusahaan perkebunan kopi tersebut mendapatkan izin usaha perkebunan (IUP) sejak Tahun 2021 dan saat ini PT Hakikat Arwana Sukses satu-satunya perusahaan yang bergerak di tanaman kopi di Kabupaten Kapuas Hulu dengan luas lahan sebesar 7.470,86 hektare serta lahan untuk plasma sebesar 1.867,71 hektare.

"Saat ini dalam proses persiapan penanaman dan harapan kita segera terealisasi," ucapnya.

Fransiskus, menekankan agar perusahaan perkebunan kopi tersebut juga memperhatikan hak-hak masyarakat dengan kearifan lokal serta melibatkan masyarakat dalam tenaga kerja.

"Kalau untuk bekerja saya rasa masyarakat kita bisa, kecuali hal teknis memang perlu orang ahli di bidang tersebut, pesan saya juga kepada pihak perusahaan agar jangan lupakan masyarakat karena kalau masyarakat tidak dilibatkan bisa saja mereka tidak memberikan lahan," kata Fransiskus.

Sementara itu, Humas PT Hakikat Arwana Sukses Deary Rakhmadi menjelaskan pihaknya saat ini sedang melakukan pembibitan kopi yang berasal dari sumber benih yang telah bersertifikat dan memiliki izin edar yang berasal dari Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau.

Dia menyebutkan saat ini PT Hakikat  Arwana Sukses menyediakan bibit tanaman kopi sebanyak kurang lebih 42.616 bibit dan kurang lebih 50.000 benih (masih dalam singkup) akan terus bertambah sesuai  kebutuhan dan proses persiapan lahan.

Ditambahkan Deary Rakhmadi, PT Hakikat Arwana Sukses PT. HAS merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang usaha perkebunan, kehutanan, perikanan konstruksi dan lain sebagainya.

Sedangkan, untuk di Kalimantan Barat tepatnya di Kapuas Hulu PT Hakikat Arwana Sukses hanya melakukan usaha investasi di bidang perkebunan  kopi liberika.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023