Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, mengingatkan para pedagang untuk tidak melakukan penimbunan barang kebutuhan pokok menjelang Ramadhan untuk kepentingan pribadi.

"Pergerakan sembako baik stok maupun harga terus kami monitor dan kepada pedagang kami juga imbau agar pedagang tidak melakukan penimbunan barang dengan tujuan tertentu yang dapat merugikan konsumen," kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kapuas Hulu Kasianus Kintoi, di Putussibau Kapuas Hulu, Selasa.

Disampaikan Kintoi, hingga saat ini kebutuhan pokok aman dan mencukupi hingga Ramadhan mendatang, karena jalur transportasi darat tidak ada kendala, sehingga harga sembako pun relatif stabil.

Menurutnya, yang perlu diantisipasi yaitu oknum pedagang nakal yang bisa saja memanfaatkan momen dengan melakukan penimbunan barang kebutuhan pokok, yang dapat berdampak terhadap naiknya harga menjelang Ramadhan.

Dikatakan dia, hingga saat ini pihaknya terus melakukan pengawasan terkait ketersediaan hingga harga kebutuhan pokok di pasaran.

"Kami pastikan ketersediaan kebutuhan pokok mencukupi hingga Ramdhan dan Idul Fitri," jelas Kintoi.

Menurut Kintoi, untuk harga kebutuhan pokok sejauh ini masih relatif stabil tidak ada lonjakan atau kenaikan harga yang signifikan.

Dia pun menyebutkan harga beras berkisar Rp12 ribu hingga Rp14 ribu per kilogram, gula pasir Rp15 ribu per kilogram, tepung terigu Rp15 ribu per kilogram, minyak goreng curah Rp17 ribu per kilogram, minyak goreng kemasan Rp18 ribu per liter, telur Rp2. 000 per butir, ayam potong Rp50 ribu per kilogram, daging sapi Rp170 ribu per kilogram, bawang merah Rp55 ribu per kilogram, bawang putih Rp35 ribu per kilogram, cabai merah kering Rp90 ribu per kilogram, cabai kering Rp100 ribu per kilogram, cabai rawit Rp80 ribu per kilogram.

Sedangkan untuk ikan laut seperti tongkol Rp38 ribu per kilogram, sotong Rp85 ribu per kilogram, ikan gembung Rp48 ribu per kilogram, udang suluh Rp120 ribu per kilogram.

"Jadi sampai saat ini relatif stabil, tidak mengalami kenaikan harga sejumlah sembako," katanya.

Baca juga: Sutarmidji serahkan 2.000 paket sembako di Sambas

Baca juga: Ria Norsan serahkan 1.000 paket sembako di Kabupaten Landak

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023