Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana alam karena cuaca ekstrem seperti banjir, angin, puting beliung dan tanah longsor.

"Masyarakat perlu waspada dengan kondisi cuaca yang cukup ekstrem akhir-akhir ini, hujan deras disertai angin kencang berpotensi terjadi banjir, tanah longsor dan angin puting beliung, " kata Kepala BPBD Kapuas Hulu Gunawan, kepada ANTARA di Putussibau Kapuas Hulu, Rabu.

Disampaikan Gunawan, berdasarkan analisa dan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga deras dan disertai petir serta angin kencang dengan durasi singkat di sebagian besar wilayah Kalimantan Barat pada 8 sampai 10 Maret 2023.

Menurutnya, dari analisa dan prakiraan tersebut kategori waspada untuk Kabupaten Sintang, Sekadau dan Kabupaten Kapuas Hulu.

Oleh karena itu, Gunawan meminta agar pihak kecamatan dan desa juga dapat melakukan deteksi dini serta segera melaporkan setiap kejadian yang berkaitan dengan bencana kepada BPBD Kapuas Hulu sesuai dengan format dan petunjuk yang telah di sosialisasi kepada pihak desa dan kecamatan.

Dikatakan dia, prakiraan cuaca dan analisa BMKG setiap hari disampaikan kepada kecamatan dan desa melalui media sosial, itu dimaksudkan agar camat dan desa bisa segera mengetahui perkembangan potensi kerawanan yang akan terjadi yang berkaitan dengan bencana alam.

"Kami selalu sampaikan informasi dari BMKG ke grup whatsapp camat dan kepala desa, agar ada upaya antisipasi kewaspadaan serta cegah dini," ucapnya.

Dia menjelaskan, Kabupaten Kapuas Hulu rawan terjadi bencana alam seperti banjir, angin puting beliung dan tanah longsor, sehingga pihaknya juga telah melakukan berbagai upaya salah satunya yaitu pemetaan daerah rawan bencana alam.

Selain itu, Gunawan juga berpesan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu untuk meningkatkan kewaspadaan dan tidak terlalu panik apabila menghadapi bencana alam.

"Saya kembali mengingatkan agar semua pihak termasuk masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan tetap mengutamakan keselamatan apabila terjadi bencana alam," katanya.

 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023