Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono meresmikan UPT Pusat Laboratorium Kesehatan Pontianak guna memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana untuk uji laboratorium. 

"Pengadaan gedung ini adalah suatu kebutuhan sarana atau prasarana untuk uji laboratorium dan diharapkan peralatan yang ada dapat dilengkapi dan dikalibrasi, karena di provinsi terdapat uji kalkulasi untuk perangkat lab," ujar Wali Kota Edi Kamtono di Pontianak, Selasa.

UPT Pusat Laboratorium Kesehatan Pontianak berada di Jalan Johar, Kecamatan Pontianak Kota. Bangunan lama laboratorium itu direnovasi sekitar tiga bulan dan kini tampil lebih modern namun tetap menampilkan ciri khas bangunan di kota ini, salah satunya dengan ornamen kayu.

Ia menjelaskan fungsi laboratorium untuk mengetahui dasar penyakit, kelainan, tes darah, urine, dan sebagainya. Selain itu peralatan yang akurat dan tepat mengenai data bisa dijadikan dasar bagi dokter dalam mengambil keputusan. 

"Saya selaku pengguna lab kesehatan menilai karena alat dari merek yang berbeda memungkinkan hasil tes yang sudah tidak akurat lagi, ini harus terus ditingkatkan sehingga penggunaan alat juga diantisipasi terutama oleh para petugas berdasarkan pengalaman yang dimiliki," ujarnya.

Dia mengatakan narasi diperlukan agar tidak ada salah tindakan. Oleh karena itu narasi yang baik harus disampaikan ke masyarakat untuk bisa diketahui. Dan yang paling penting dalam pengambilan keputusan atau kebijakan, tindakan dokter dapat dikomunikasikan dengan ahlinya untuk diuji coba. 

Kemudian hal yang jadi permasalahan adalah laboratorium yang tidak berinovasi, sehingga masyarakat jadi lebih percaya dengan laboratorium yang memiliki brand walaupun hasinya belum tentu baik dari yang ada disini. 

"Oleh sebab itu diharapkan laboratorium ini nantinya dapat menjadi rujukan yang diandalkan untuk masyarakat Kota Pontianak," katanya berharap.

 

Pewarta: Najib/Magang Poltesa

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023