Prajurit Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonarmed 19/105 Trk Bogani membantu evakuasi seorang warga yang sedang sakit untuk berobat ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Badau perbatasan Indonesia dan Malaysia di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

"Pasien itu perlu penanganan serius oleh tenaga medis di puskesmas sehingga dirujuk ke Puskesmas Badau," kata Komandan Satgas Pamtas Yonarmed Trk Bogani Letkol Arm Edi Yulian Budiargo di Badau Kapuas Hulu, Selasa.

Dikatakan Edi bahwa aksi sigap yang dilakukan oleh personel satgas bermula dari adanya informasi dari warga atas nama Nando (24) yang memberitahukan kondisi dari tantenya kepada Komandan Pos (Danpos) Seriang Serda Asrudin untuk memeriksa Regina (60) yang tiba-tiba sakit dan mengalami sesak napas.

Dengan sigap personel Pos Seriang langsung menuju ke rumah pasien dan melakukan pemeriksaan terhadap Regina oleh anggota kesehatan pos. Setelah selesai diperiksa dan dinyatakan bahwa Regina harus segera dievakuasi ke Puskesmas Badau.

Karena terkendala dengan transportasi, Danpos Seriang segera melaporkan situasi tersebut kepada dokter satgas Letda Ckm Ekal untuk membawakan mobil ambulans milik Kotis Satgas Yonarmed 19/105 Trk Bogani untuk merujuk Regina ke Puskesmas Badau karena melihat kondisinya yang sudah lemah.

Sementara itu, Nando (24) perwakilan dari pihak keluarga Regina (pasien) menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada personel Satgas Pamtas Yonarmed 19/105 Trk Bogani yang bersedia membantu mengevakuasi tantenya ke puskesmas terdekat.

"Terima kasih atas kesigapan bapak-bapak TNI Satgas Yonarmed 19/105 Trk Bogani dalam membantu mengevakuasi tante saya ke Puskesmas Badau. Saya dan keluarga berharap semoga tante saya dapat segera diberikan kesehatan," ucapnya.
Prajurit Satgas Pamtas Yonarmed 19/105 Trk Bogani melakukan evakuasi kepada seorang warga sakit di Desa Tangit Kecamatan Badau untuk mendapatkan penanganan medis di Puskesmas Badau perbatasan Indonesia dan Malaysia di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. ANTARA/HO-Yonarmed Trk Bogani

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023