Pengurus Himpunan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia (Himbasi) FKIP Untan menyelenggarakan Kunjungan Literasi di SMPI Tahfizul Quran Desa Sungai Rengas, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya.

"Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan literasi pada anak sejak dini. Tujuan dari kegiatan ini dilaksanakan agar adik-adik dapat meningkatkan literasi dengan buku-buku yang memang tidak seberapa dapat kami berikan, namun besar harapan kami bahwa adik-adik dapat memanfaatkannya dengan baik," kata Ketua Panitia Kunjungan Literasi Himbasi FKIP Untan Tri Wahyu di Sungai Kakap, Sabtu.

Ia juga mengatakan SMPI Tahfizul Quran menjadi target pelaksanaan kegiatan karena sekolah ini memiliki tingkat literasi yang tinggi, namun kurang dalam bahan bacaan.

"Kami memilih pesantren ini karena kami dapat informasi bahwa di sini memiliki tingkat literasi yang tinggi namun kurangnya bahan seperti buku bacaan," kata Wahyu.

Guru Bahasa Indonesia SMPI Tahfizul Quran Andi Suryadi, S.Pd. mengatakan bahwa kedatangan Himbasi ke sekolah merupakan hal yang berharga.

"Kedatangan kalian di sini merupakan hal yang berharga, terutama bagi saya yang mengajar Bahasa Indonesia," ucap Andi saat wawancara.

Ia menjelaskan kecerdasan dalam membaca merupakan hal yang sangat penting untuk ditanamkan di sekolah. Ia juga mengatakan bahwa minat membaca siswa SMPI Tahfizul Quran sangat tinggi.

"Minat membaca siswa sekolah ini sangat tinggi. Apapun buku yang menarik pasti mereka baca, karena bahan bacaan selain Al-Quran itu tidak ada," jelas Andi.

Ia mengatakan pihak sekolah akan berusaha meningkatkan sarana dan prasarana guna mendukung literasi di SMPI Tahfizul Quran.

"Untuk meningkatkan literasi di sekolah, kami akan berusaha terus dengan cara meningkatkan sarana dan prasarana, serta bahan bacaannya," ucapnya.

 
 

Pewarta: Rendra Oxtora dan Meysa Annisa

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023