Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak mengundang beberapa pelaku UMKM dan pemasok (supplier) untuk berpartisipasi dalam kegiatan operasi pasar guna mengendalikan inflasi menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Kami diundang untuk berpartisipasi meramaikan kegiatan ini dengan menjual barang di bawah harga jual di toko. Jadi memang dibuat harga khusus supaya dapat membantu masyarakat," ujar Tim Leader Kios Kawasan Timur Indonesia (KTI) Kalimantan Barat Ratih, di Pontianak, Senin.

Kegiatan operasi pasar ini digelar di enam kecamatan Kota Pontianak mulai dari 3 April 2023 sampai dengan 11 April 2023. Kali ini, operasi pasar pemkot digelar di Kantor Camat Pontianak Utara.

Lewat operasi pasar ini, Pemkot Pontianak membantu masyarakat dengan menjual bahan pokok di bawah harga pasar pada umumnya, serta membantu masyarakat kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan pokoknya.

"Untuk harga bahan pokok sendiri kami menyesuaikan tapi khusus untuk operasi pasar kali ini, kami memberikan harga di bawah harga toko agar dapat membantu masyarakat kalangan bawah," ujar dia.

Dalam operasi pasar ini, harga telur ayam yang diberikan dengan harga Rp59 ribu per rak, kemudian harga beras premium per karung (5 kilogram) Rp62 ribu, minyak goreng seharga Rp17.600 per liter, gula pasir seharga Rp13.900 per kilogram, dan daging beku seharga Rp80 ribu per kilogram.

Demikian juga untuk harga komoditas lainnya yang lebih murah dari pasaran. Hal itu menyebabkan antusias masyarakat cukup tinggi untuk membeli, terlebih beras murah yang menjadi incaran utama dalam kegiatan tersebut.

Satu di antara warga Kecamatan Pontianak Utara Edi mengatakan dengan adanya kegiatan operasi pasar ini masyarakat menjadi lebih terbantu.

"Saat ini, apalagi kan pas dengan bulan Ramadhan, banyak masyarakat atau warga terbantulah dengan adanya operasi pasar murah ini. Harga juga cukup jauh dengan harga pasar biasanya," kata dia.

Lebih lanjut, ia berharap agar operasi pasar dapat dilakukan tidak hanya di kecamatan melainkan di daerah kelurahan juga.

"Untuk ke daerah sini kan lumayan jauh jangkauannya bagi warga kelurahan di luar Siantan Hulu, jadi ke depannya semoga bisa diadakan di daerah-daerah kelurahan atau tempat umum lainnyalah," katanya lagi.

Untuk selanjutnya pada 4 April, kegiatan operasi pasar akan dilakukan di Kantor Camat Pontianak Timur mulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan 14.00 WIB.


 

Pewarta: Dedi, Damara dan Fiyya

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023