Masjid Syakirin di Jalan HM Suwignyo No.1, Sungai Jawi, Kecamatan Pontianak Kota, memiliki kubah warna hijau, merupakan satu di antara masjid tertua di Kota Pontianak. 

Masjid Syakirin sudah berdiri sejak 22 Rabi'ul Awwal 1323 H  atau 26 Mei 1905 dan direnovasi total pada 27 Rajab 1416 H  atau 20 Desember 1995.

Masjid ini terletak di sudut Jalan HM Suwignyo, dan pertemuan dengan kawasan Sungai Jawi. Masjid dua lantai dengan kubah warna hijau ini telah direnovasi menjadi bangunan baru berdinding luar keramik putih dan pagar yang mengelilingi masjid berwarna hijau.  

"Masjid ini sudah direnovasi, sehingga tidak ada bagian bangunan yang lama," kata Ketua Pengurus Masjid Syakirin, HM. Dja'far H. Ali saat melakukan wawancara di Masjid Syakirin, Rabu (29/3).

Ia mengatakan pengurus Masjid Syakirin mengisi momentum Ramadhan dengan mengadakan buka bersama, tarawih dan tadarus bersama warga Muslim yang melaksanakan ibadah di masjid ini.

"Untuk mengisi Ramadhan, kami mengadakan kegiatan buka bersama, tarawih dan tadarus bersama dengan warga yang berkunjung untuk beribadah," jelas Dja'far.

Ia juga mengatakan selain kegiatan, Masjid Syakirin juga menyediakan fasilitas Bazar Ramadhan untuk warga yang ingin berjualan dan membeli takjil, tepatnya berada di depan masjid dan dekat dengan parit besar.

"Bazar Ramadhan juga termasuk kegiatan rutin yang kami adakan setiap Ramadhan," katanya.


 

Pewarta: Meysa Annisa/Magang FKIP

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023