Tim Ducati Lenovo memastikan bahwa pebalapnya, Enea Bastianini, harus melewatkan MotoGP Austin pada akhir pekan ini.

Dikutip dari laman resmi MotoGP, Rabu, Bastianini telah menjalani pemeriksaan lebih lanjut Forlì, bersama Dr. Porcellini, setelah melakukan sejumlah upaya rehabilitasi.

“(Hasil pemeriksaan) Memastikan bahwa Bastianini masih membutuhkan beberapa minggu lagi untuk pulih sepenuhnya dari cedera bahu kanan yang dideritanya di GP Portugal,” demikian pernyataan Ducati.

“Oleh karena itu Enea akan melanjutkan rehabilitasinya dengan tujuan untuk kembali ke lintasan di Jerez dan akan digantikan di Texas oleh Michele Pirro,” imbuhnya.

Sebelumnya, Bastianini dilaporkan menderita patah tulang belikat kanannya yang ia dapati usai kecelakaan (crash) di babak Sprint Race pada putaran pertama MotoGP 2023 di Sirkuit Internasional Algarve Portimao, Portugal, Sabtu (25/3).

Rekan satu tim Pecco Bagnaia itu terkena gesekan atau kontak dengan Luca Marini (Mooney VR46 Racing Team) di Tikungan 5, menyebabkan pebalap Italia kehilangan keseimbangan dan jatuh cukup keras.

Setelah diperiksa di rumah sakit, ditemukan bahwa patah tulang yang diderita Bastianini memaksanya untuk absen dari balapan utama di hari Minggu (26/3) karena kondisi yang tidak fit dan memungkinkan.

Di sisi lain, Marc Marquez (HRC) juga akan absen dari MotoGP Austin karena juga fokus pada pemulihan cederanya.

Sementara itu, MotoGP Austin akan bergulir pada 14 hingga 16 April waktu setempat. Di Indonesia, balapan Sprint bakal bisa disaksikan pada Minggu (16/4) pukul 03.00 WIB, sedangkan balapan utamanya dapat ditonton pada Senin (17/4) pukul 02.00 WIB.
 



Pebalap Repsol Honda Marc Marquez mengaku tidak menargetkan kemenangan atau pun podium pada balapan pembuka MotoGP 2023 di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, Portugal, akhir pekan ini.

"Saat ini kami tidak bisa memikirkan tentang podium atau kemenangan, terutama di sini, di Portimao. Pada akhirnya, kejuaraan masih panjang, kami bekerja keras. Saya perlu meningkatkan diri," ungkap Marc dikutip dari keterangan resmi MotoGP di Jakarta, Jumat.

Hal tersebut, lanjut dia, dipengaruhi dengan berbagai kesibukan tim untuk memperbaiki mesin, pengaturan motor, hingga direktur teknis. Selain itu, dengan ragam perubahan yang terjadi itu, membuat Honda belum terlalu matang dalam menjalankan konsep yang diinginkan di balapan nanti.

"Kami mengubah banyak hal. Kami mengubah direktur teknis, kemudian ada ide-ide baru, lalu kami hanya mengerjakan konsep. Satu-satunya hari saya bekerja untuk diri saya sendiri dan dengan motor yang tepat adalah hari terakhir di Portimao," ujar kakak dari Alex Marquez tersebut.Baca selengkapnya: Pebalap Honda Marquez tak targetkan podium di MotoGP Portugal
 

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023