Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat menyiapkan 406 personel gabungan dalam rangka Operasi Ketupat Kapuas Tahun 2023 untuk pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah di daerah tersebut.

"Personel gabungan itu tersebar di Kapuas Hulu terutama di sejumlah titik rawan untuk pengamanan Idul Fitri," kata Kabag Ops Polres Kapuas Hulu AKP Edhi Trisno Tarigan, kepada ANTARA, di Putussibau Kapuas Hulu, Rabu.

Disampaikan Edhi, dari 406 personil gabungan tersebut terdiri dari Polri 312 personil, TNI 24 personil, Satuan Polisi Pamong Praja 24 personil, Dinas Kesehatan 18 personil, organisasi masyarakat 28 personil.

Selain menurunkan tim gabungan pengamanan Idul Fitri, Polres Kapuas Hulu juga mendirikan pos pengamanan dan pos pelayanan di baik itu di area Masjid Agung Darunnajah Putussibau, Terminal Badau, Silat Hilir dan Bandara Pangsuma Putussibau.

Menurutnya, sebanyak 23 polsek di Kapuas Hulu juga dijadikan pos pelayanan dalam rangka Operasi Ketupat Kapuas Tahun 2023.

"Ada juga penambahan pos Aju (Rest area) yaitu di Kecamatan Embaloh Hulu dan Hulu Gurung," jelasnya.

Dikatakan Edhi, Polres Kapuas Hulu telah melakukan Rapat koordinasi lintas sektoral sebagai persiapan pengaman Idul Fitri di wilayah Kapuas Hulu.

Sementara itu, Kapolres Kapuas Hulu AKBP France Yohanes Siregar mengimbau seluruh masyarakat Kapuas Hulu untuk tetap menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat.

"Mari kita ciptakan situasi yang kondusif dan berikan rasa aman dan nyaman menyambut Hari Raya Idul Fitri di Kapuas Hulu, saya yakin masyarakat Kapuas Hulu sangat harmonis dan selalu menjaga rasa kekeluargaan dan toleransi antar umat beragama, oleh sebab itu yang sudah terbangun dengan baik itu kita rawat dan jaga sama-sama," katanya.

Kepada tim gabungan dalam pengamanan yang tergabung dalam Operasi Ketupat Kapuas Tahun 2023, France berpesan untuk selalu menjaga sinergisitas serta kekompakan dalam melaksanakan tugas pengamanan dan pelayanan.

"Jalin koordinasi dan komunikasi yang baik agar selama bertugas dapat berjalan aman dan lancar," pesannya.
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023