Konsulat Jenderal Republik Indonesia (Konjen RI) Kuching, Raden Sigit Witjaksono mengantar langsung pemulangan jenazah Warga Negara Indonesia yang merupakan anggota DPRD Sanggau mendiang Arkadius Mugpin dari Sarawak Malaysia ke Indonesia melalui PLBN Entikong, Sanggau, Kalimantan Barat. 

"Kemarin siang saya didampingi staf KJRI Kuching memfasilitasi proses pengurusan jenazah mendiang Arkadius Mungpin (anggota DPRD Sanggau) dari Rumah Sakit Umum Sarawak dilanjutkan proses pemulangan jenazah ke perbatasan Tebedu-PLBN Entikong," kata Sigit melalui keterangan tertulisnya yang diterima Antara, Senin.

Sigit mengatakan, serah terima jenazah mendiang disaksikan oleh Sekretaris DPRD Sanggau, Pemda Sanggau dan Satgas Pemulangan WNI PLBN Entikong. 

"Semua proses serah terima jenazah dapat berjalan lancar di PLBN Entikong. Dan turut mendampingi serah terima jenazah tersebut isteri mendiang yaitu Ibu Sumarni dan anggota DPRD Sanggau, bapak Hendrykus Bambang," ungkap Sigit.

Konjen RI Kuching juga menjelaskan kronologi kejadian hingga anggota DPRD Sanggau itu meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas. Dimana sebelum kejadian naas, korban pada tanggal 14 April 2023, datang ke Kuching untuk tujuan berobat rutin di rumah sakit swasta Timberland Medical Centre, Kuching, Sarawak.

Sementara lanjut Sigit, musibah itu terjadi keesokan harinya yaitu pada tanggal 15 April 2023, sebelum kejadian korban hendak mencari sarapan di warung makan yang berdekatan dengan penginapannya.

"Untuk mencapai warung makan itu korban secara tiba-tiba menyeberang jalan, naas korban tertabrak kendaraan yang melaju di jalan raya yang mengakibatkan mendiang meninggal dunia ditempat kejadian. Dan, kami dari KJRI Kuching turut menyatakan bela sungkawa atas meninggalnya mediang," tutur Sigit.
 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023