Komandan Distrik Militer (Kodim) 1206 Putussibau wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat berhasil memanfaatkan lahan kosong untuk ketahanan pangan dengan menanam sayur sawi, bayam dan cabai.

"Ada sekitar dua hektare lahan percontohan untuk ketahanan pangan dan saat ini sudah panen sayur sawi, bayam dan cabai," kata Dandim 1206 Putussibau Letkol Inf Sri Widodo, di Putussibau Kapuas Hulu, Minggu.

Disampaikan Widodo, tanaman sayur mayur yang ditanam anggota Kodim 1206 Putussibau tersebut sebagai upaya dalam mewujudkan ketahanan pangan sesuai arahan pimpinan dan program pemerintah.

Menurutnya, dua hektare lahan kosong merupakan milik warga setempat yang akhirnya dikelola oleh anggota Kodim 1206 Putussibau bersama masyarakat.

Dijelaskan Widodo, lahan tersebut sebelumnya juga ditanami jagung, setelah panen jagung lahan tersebut kemudian dimanfaatkan untuk ditanami sayur mayur.

"Hasil dari kebun sayur mayur itu cukup bagus, sehingga bisa dijadikan sebagai lahan percontohan untuk bercocok tanam," katanya.

Dikatakan Widodo, Kodim 1206 Putussibau komitmen mendukung program pemerintah untuk mewujudkan ketahanan pangan.

Oleh karena itu, Widodo mengajak seluruh jajarannya hingga lapisan masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong sebagai tempat bercocok tanaman untuk komoditi tanaman khususnya sayur mayur.

"Saya lihat lahan di Kapuas Hulu ini masih cukup luas, tinggal bagaimana masyarakat memanfaatkan lahan kosong tersebut menjadi lahan produktif dengan menanam sayur mayur yang dapat menunjang ketahanan pangan dan mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat," katanya.
Kodim 1206 Putussibau bersama Persit melakukan panen sayur mayur di lahan percontohan untuk ketahanan pangan yang berada di Desa Sibau Hulu Kecamatan Putussibau Utara wilayah Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat. ANTARA/HO-Pendim 1206/Psb (Teofilusianto Timotius)

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023